kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemhub terjunkan tim awasi keselamatan pelayaran di Ambon dan Pulau Selayar


Jumat, 07 Juni 2019 / 09:40 WIB
Kemhub terjunkan tim awasi keselamatan pelayaran di Ambon dan Pulau Selayar


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Selain menerjunkan tim ke Danau Toba, Kementerian Perhubungan juga menurunkan tim khusus untuk mengawasi dengan ketat keselamatan pelayaran di Ambon dan Pulau Selayar, Sulawesi Selatan. Demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (6/6).

“Selain di danau Toba, Saya juga juga telah menugaskan jajarannya untuk turun langsung ke Ambon dan Pulau Selayar,” jelas Menhub, dalama siaran pers di situs resmi Kementerian Perhubungan, Jumat (7/6).

Bertindak sebagai Ketua Tim Pemantauan Transportasi Penyeberangan di Ambon yaitu Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda dan Keselamatan Perhubungan Kemenhub Cris Kuntadi.

Sementara Ketua Tim di Pulau Selayar yaitu Staff Ahli Menhub Bidang Teknologi, Lingkungan, dan Energi Prasetyo Boeditjahjono. Sedangkan sebelumnya, telah diterjunkan Staff Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Perhubungan Umar Aris sebagai Ketua Tim di Danau Toba.

Menhub menjelaskan, ketiga daerah tersebut merupakan tempat yang banyak digunakan untuk melayani pelayaran rakyat pada hari-hari besar seperti Idul Fitri dan hari besar lainnya. Untuk itu, diperlukan pengawasan yang ekstra ketat.

“Ini merupakan bentuk antisipasi kami untuk mencegah terjadinya accident yang tidak kita inginkan,” ungkap Menhub.

Pengawasan yang akan dilakukan oleh tim tersebut diantaranya yaitu : memastikan manifest penumpang sesuai, jumlah manifest tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut Nakhoda dan awak kapal, memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung, dan juga mengajak Bupati setempat dan Pemerintah Daerah untuk ikut serta memperhatikan dan mengawasi.

Pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun ini, Kemenhub bekerjasama dengan stakeholder terkait telah melakukan serangkaian ramp check kelaikan kapal-kapal penyeberangan, selain itu, juga dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan alat-alat keselamatan seperti pelampung dan juga pengecekan kesehatan dan kelengkapan administrasi para nakhoda dan awak kapal. Selain itu, para Kepala Daerah ikut andil dengan mengerahkan petugas dari Dinas Perhubungan setempat untuk melakukan pengawasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×