kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenaikan harga angkutan udara diprediksi belum berefek ke inflasi Januari 2019


Kamis, 31 Januari 2019 / 19:42 WIB
Kenaikan harga angkutan udara diprediksi belum berefek ke inflasi Januari 2019


Reporter: Grace Olivia | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di awal tahun, maskapai penerbangan melakukan penyesuaian harga tiket pesawat. Selain itu, terjadi juga kenaikan tarif pada kargo angkutan udara, serta penerapan tarif bagasi pada maskapai murah (low cost carrier) yang dikhawatirkan bakal mengungkit tingkat inflasi di awal tahun.

Kendati demikian, Ekonom Bank Central Asia David Sumual menilai, dampak penyesuaian tarif angkutan udara tersebut belum akan memengaruhi indeks harga konsumen di bulan Januari ini.

"Lagipula bobot tarif transportasi udara terhadap inflasi terbilang rendah, jauh lebih rendah dari bobot harga pangan," ujar David, Kamis (31/1).

Senada, Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail juga melihat belum ada dampak signifikan dari kenaikan tarif pada angkutan udara terhadap tingkat inflasi bulan ini. Menurutnya, inflasi masih disumbang utamanya oleh harga bahan pangan, energi, dan telekomunikasi.

"Di sektor transportasi, biasanya pengaruh harga di transportasi darat lebih berpengaruh terhadap inflasi," ujar Mikail, Kamis (31/1)

Ekonom Maybank Indonesia Myrdal Gunarto tak menampik tekanan dari kenaikan harga kargo maupun kebijakan bagasi berbayar pada maskapai penerbangan akan menjadi salah satu faktor yang menyulut inflasi di tahun ini.

"Ada pengaruhnya, meski tidak begitu dominan," imbuhnya, Kamis (31/1).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tarif angkutan udara tarif angkutan udara tidak termasuk dalam 10 komoditas dengan andil terbesar terhadap inflasi di sepanjang tahun 2017. Namun, tahun lalu tarif angkutan udara memiliki andil terhadap inflasi sebesar 0,10% atau berada di peringkat keenam dari 10 komoditas dengan andil terbesar terhadap inflasi sepanjang tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×