kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerjasama BPJS Kesehatan dan TelkomGroup guna tingkatkan digitalisasi layanan


Senin, 18 Januari 2021 / 23:33 WIB
Kerjasama BPJS Kesehatan dan TelkomGroup guna tingkatkan digitalisasi layanan
ILUSTRASI. Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) antara TelkomGroup dengan Badan BPJS Kesehatan di Jakarta.


Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan)  menggalang sinergi guna memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat luas.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara dan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso di Jakarta yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Kerja sama ini menjadi upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dan mengolaborasikan fungsi para pihak yang didasarkan dengan prinsip saling membantu dan saling mendukung guna tercapainya optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta ketentuan perundang-undangan.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan BPJS Kesehatan kepada TelkomGroup sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Sebagai BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT) mulai dari cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation, dan masih banyak lagi, TelkomGroup siap mendukung digital revolution BPJS Kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang, khususnya untuk layanan kesehatan masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan kesehatan,” ungkap Edi Witjara.

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso menyampaikan harapannya melalui kerja sama ini Telkom dan BPJS Kesehatan dapat berjalan bersama dalam mengoptimalkan implementasi program JKN-KIS ke depannya. “BPJS Kesehatan tentu tidak akan dapat berjalan sendiri dalam menyelenggarakan JKN-KIS. Untuk itu, kami berharap dukungan dan kerja sama Telkom dalam peran dan tugas di bidang kerja masing-masing guna mendukung pelaksanaan program JKN-KIS. Karena sejatinya, program jaminan kesehatan ini adalah wujud pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia,” tegas Kemal.

Adapun ruang lingkup sinergi Telkom dan BPJS Kesehatan ini meliputi perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di lingkungan TelkomGroup serta kemitraan strategis dalam rangka pengembangan produk bersama melalui kajian layanan dan kemanfaatan di antaranya joint development untuk pengembangan data analytics dan fasilitas payment gateway untuk pembayaran iuran program JKN-KIS.

Diharapkan adanya kerja sama ini dapat membuka peluang sinergi dalam bidang lain yang akan mendukung kelancaran penyelenggaraan program JKN-KIS dengan tetap berlandaskan pada koridor perundang-undangan yang berlaku. Ke depannya, kerjasama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kedua belah pihak, baik di tingkat nasional maupun global sehingga dapat memberikan best service serta mendukung kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×