kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketua DPR sebut CMNP bakal buat tol khusus motor di Bandung dan Medan


Jumat, 08 Februari 2019 / 20:43 WIB
Ketua DPR sebut CMNP bakal buat tol khusus motor di Bandung dan Medan


Sumber: TribunNews.com | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendukung PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) yang berencana membuka jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda dua pada jalan tol yang akan mereka bangun pada tahun ini di Medan dan Bandung.

Politikus Partai Golkar yang akrab disapa Bamsoet ini menekankan sudah sepantasnya pengelola jalan tol tidak hanya mengejar profit namun juga memberikan solusi bagi persoalan yang dihadapi masyarakat.

Bamsoet menyampaikan hal ini saat menerima Tito Sulistio CEO CMNP di DPR, Kamia (7/2). Gagasan diperbolehkannya kendaraan motor roda dua beroperasi di jalan tol selama ini memang datang dari Bamsoet.

Dasar gagasan itu bersumber dari volume kendaraan bermotor roda dua di Indonesia yang mencapai 120 juta unit. Hal ini menurutnya akan memberikan akses mudah bagi pesepeda motor untuk menempuh jalur cepat dari rumah dan ke tempat kerja.

"Pengelola jalan tol sepatutnya tidak hanya mengejar keuntungan semata tapi juga ikut memberi solusi terhadap kesulitan mayoritas rakyat kita yang masih tinggal di rumah-rumah BTN pinggiran kota dan hanya memiliki moda transportasi roda dua atau motor untuk bisa pulang pergi dari rumah ke tempat kerjanya di kota dengan tingkat keselamatan yang tinggi di jalur khusus tol karena satu arah dan kepastian waktu, karena mudah diprediksi," kata Bamsoet.

Dijelaskan Bamsoet, biaya untuk membangun ruas jalan tol untuk mobil 2-2-1 kanan kiri per-kilometer di atas tanah datar kurang lebih Rp.80-Rp.100 miliar per kilometer. Sedangkan biaya pembangunan untuk jalur khusus motor dengan lebar 2,5 meter plus 1 meter untuk bahu jalan kanan kiri kurang lebih Rp.30 sampai Rp.50 miliar per kilometer.

Jika mengacu tarif tol Bali Mandara untuk mobil Gol I Rp.11.500 dan untuk motor Rp.4.500, mengingat volume pengguna motor populasinya sangat besar. Jalur khusus bagi kendaraan bermotor roda di jalan tol, jelas memberikan asas keadilan bagi semua warga yang belum beruntung memiliki moda transportasi roda empat atau mobil untuk menikmati jalan tol.

Begitu pula dari sisi keselamatan, juga sudah terbukti di Bali. Dengan memberikan jalur khusus motor roda dua itu, ternyata dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas kendaraan secara signifikan.

Bamsoet menekankan untuk lebih menjamin kenyamanan pengguna jalur khusus motor roda dua, jika perlu motor gede atau Moge dilarang masuk tol khusus motor pada hari-hari kerja. Moge cukup diizinkan untuk melalui jalur motor di jalan tol pada hari libur saja.

Sedangkan pada hari kerja biarlah kendaraan bermotor roda dua bermesin kecil saja yang diizinkan. Karena mereka berangkat kerja atau pulang kerja. Sementara untuk moge biasanya hanya dipakai untuk keperluan rekreasi para penggemar di hari libur.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Bamsoet Apresiasi Rencana CMNP Group Buka Jalur Tol Motor di Medan dan Bandung"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×