kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Komitmen wujudkan SDG's, PJB borong 16 penghargaan ISDA 2021


Senin, 20 September 2021 / 20:28 WIB
Komitmen wujudkan SDG's, PJB borong 16 penghargaan ISDA 2021
ILUSTRASI. Program-program CSR PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB)


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Program-program CSR PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB)  dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan di berbagai Unitnya membawa anak perusahaan PLN ini meraih 16  penghargaan dalam gelaran Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2021. Enam belas penghargaan terkait CSR berhasil dibawa pulang dalam penganugrahan pada Jumat (17/9) di Jakarta. 

Banyaknya penghargaan yang diraih menjadi indikasi bahwa PJB merupakan perusahaan yang memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan CSR berbasis ISO 26.000. Selain itu  PJB dinilai punya peran penting dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). ISDA sendiri merupakan wadah apresiasi bagi perusahaan atau institusi atas kontribusinya dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

Gelar apresiasi tahunan ini merupakan hasil kerja sama Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Dalam perjalanan bisnisnya, corporat social responsibility (CSR) hadir mewarnai keberadaan PJB di tengah-tengah masyarakat. Perusahaan melakukan aneka program  CSR untuk pemberdayaan masyarakat pada  seluruh  Unitnya yang tersebar di pelosok Indonesia. Sekretaris Perusahaan PT PJB, Zubaidah mengungkapkan bahwa PJB telah menerapkan ISO 26000 yang merupakan standar global dalam pelaksanaan CSR. 

“Tanggung jawab sosial kami laksanakan secara terintegrasi dalam tata kelola perusahaan. Ini merupakan komitmen kami  dalam menghadirkan bisnis yang berkelanjutan. Melalui program CSR kami berusaha untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” kata Ida, dalam siaran pers, hari ini.

Enam belas penghargaan bagi PJB dalam ISDA 2021 terdiri dari 3 penghargaan pada kategori korporasi dan 11 penghargaan pada kategori program. Dua penghargaan lainnya diraih pada  kategori perseorangan untuk local  hero yang merupakan mitra dalam pelaksanaan program CSR PJB. 

Tiga gelar disematkan  bagi PJB pada kategori korporasi , meliputi The Top Leadership on SDGs; The Most Committed Corporate on Social Pilar;  dan The Most Committed Corporate on Economy Pilar. 

Pada kategori program, penghargaan Platinum berhasil dicapai oleh  UP Paiton dalam Program Postaklim. Sementara penghargaan Gold diberikan kepada 8 program CSR PJB, sebagai berikut : Pijar Berdaya (UP Gresik); Elektrifikasi Pompa Air Pertanian dan Pertanian Organik (UBJOM Indramayu).

Lalu program Integrated Farming System (UBJOM Tanjung Awar-awar); Usaha Mikro Tepung Suku Menjadi Aneka Makanan Olahan (UBJOM Tanjung Awar-awar); Peningkatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga (UBJOM Rembang); Pemberdayaan Batik Probolinggo  (UP Paiton), Difabel Berdaya (UP Muara Tawar); dan Program Ciecra /Cirata Enceng Craft (UP Cirata). Sedangkan dua Silver diraih Program Sungai Jingkem (UP muara Tawar) dan Program Maggoot (UP Cirata).

Aristoteles S.Pd yang merupakan  local hero PJB  dalam program CSR  Desa Wisata Lontar (UP Gresik) dinobatkan sebagai Terbaik 2 Tingkat Local Hero. Sedangkan Hostiningsih , local hero PJB  dalam program CSR Posyandu Berketahanan Iklim meraih predikat Terbaik 3 Tingkat Lokal Hero.

ISDA 2021 mengambil tema Peran Serta Korporasi dan Stakeholders Dalam Pembangunan Berkelanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa. Ada tiga kategori yang diperlombakan dalam ISDA 2021 yang meliputi kategori SDGs korporasi yang berisi 17 goals dan 34 program, kategori CSR/CID program yang berisi 16 goals dan 30 program serta kategori perseorangan dengan 4 level yang meliputi level direksi, level general manager, level manager serta level mitra/local hero.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×