Lima aplikasi lawan Covid-19 yang dikembangkan di Indosat Oredoo Digital Camp

Minggu, 03 Mei 2020 | 23:04 WIB   Reporter: Nur Qolbi
Lima aplikasi lawan Covid-19 yang dikembangkan di Indosat Oredoo Digital Camp

ILUSTRASI. A 3D-printed coronavirus model is seen in front of a stock graph and the words Covid-19 on display in this illustration taken March 25, 2020. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


INDUSTRI TEKNOLOGI - JAKARTA. PT Indosat Tbk (ISAT) menyelenggarakan program Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) developer challenge yang bertemakan “Lawan Penyebaran COVID-19 dengan Inovasi”.

Dari 100 peserta lebih yang mengikuti IDCamp developer challenge ini, Indosat Ooredoo mendapatkan lima peserta terbaik dengan aplikasi paling inovatif.

Lima aplikasi tersebut adalah MUNYER, Aman Covid, TurnBackCovid, Dirumahajakuy, dan Amigo-19. Aplikasi-aplikasi dapat digunakan untuk membantu usaha pedagang keliling di tengah pandemi, membantu tuna netra mendapatkan informasi tentang Covid-19, membantu pengguna menyaring berita hoaks hingga mengelola jadwal keluar rumah untuk membeli kebutuhan pokok.

1. Aplikasi MUNYE

Aplikasi advance moving hawker karya Adik Widiasmono dari Jakarta Selatan ini memberikan solusi atas kondisi yang mengharuskan semua orang tetap berada di rumah, namun ada kelompok masyarakat yaitu anak kos yang tetap harus keluar rumah untuk mencari makanan dan pedagang keliling yang tetap harus berjualan.

Baca Juga: Pendapatan Indosat (ISAT) tumbuh 7,9% pada kuartal I 2020

Aplikasi ini mampu mengurangi intensitas masyarakat untuk keluar rumah, meningkatkan pendapatan pedagang keliling, dan memudahkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Secara tidak langsung, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk memberikan edukasi kepada pedagang keliling untuk menjaga diri dan melakukan pencegahan tertular Covid-19 dengan menghindari zona-zona merah penyebaran.

Aplikasi mobile untuk pedagang keliling: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.fivelegs.main

Aplikasi web untuk calon pembeli: https://kaki-lima.herokuapp.com/

Editor: Yudho Winarto

Terbaru