kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

M Cash gunakan kas untuk investasi di MMI


Senin, 20 November 2017 / 21:59 WIB
M Cash gunakan kas untuk investasi di MMI


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT M cash Integrasi Tbk (MCAS) dan induk usahanya, PT Kresna Graha Investama (KREN), masing-masing memegang 14,81% saham pada PT MatchMove Indonesia (MMI) per Senin (21/11). Namun, M Cash tak menggunakan dana hasil penerbitan saham perdana atau initial public offering (IPO) untuk berinvestasi di perusahaan itu.

Managing Director KREN Suryandy Jahja menjelaskan, dana untuk investasi di MMI diambil dari dana kas internal masing-masing perusahaan. Sebelum menggelar IPO, MCAS memiliki dana sebesar Rp 80 miliar. Sebagian dana tersebut dialirkan ke MMI.

“Untuk Kresna kita punya net cash sekitar Rp 500 miliar, dipakai untuk itu. Kita tidak pakai semua, ada strukturnya,” jelas Jahja.

Adapun detail nilai investasi pada MMI oleh MCAS maupun KREN belum bisa dipublikasikan hingga persetujuan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) keluar. Estimasinya, persetujuan BKPM akan dikantongi pada November ini.

Meski perseroan sudah berdiri, namun secara bisnis belum beroperasi. MMI nantinya akan menjalankan model business to business (B2B). Produk yang ditawarkan adalah berupa platform untuk mendukung layanan keuangan digital.

Mitra dari MMI nantinya adalah perusahaan perbankan. Saat ini, Jahja bilang, sudah ada 10-15 calon mitra yang ada pada pipeline MMI. Dalam waktu dekat pihaknya akan merealisasikan kerja sama dengan bank-bank besar, salah satunya PT Bank Rayat Indonesia Tbk (BBRI).

Sekadar mengingatkan, bertepatan dengan IPO MCAS pada awal November lalu, MCAS bersama KREN telah meneken nota kesepahaman untuk menanamkan investasi di MMI. Perusahaan mobile wallet ini merupakan anak usaha dari MatchMove Pay Pte Ltd (MMP), yang bermarkas di Singapura.

MMP merupakan perusahaan terafiliasi dengan KREN melalui kepemilikannya di Vickers Venture Partners. “Vickers itu venture capital di South East Asia. Kami punya saham di sana, dan Vickers itu pemegang saham mayoritas dari MatchMove,” jelas Jahja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×