kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MediaTek berupaya merebut pangsa pasar Qualcomm dengan produksi chip 5G baru


Rabu, 29 Mei 2019 / 16:41 WIB
MediaTek berupaya merebut pangsa pasar Qualcomm dengan produksi chip 5G baru


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemasok chip yang berbasis di Taiwan MediaTek Inc pada hari Rabu merilis chip 5G baru untuk smartphone yang lebih cepat dan canggih dengan tujuan untuk menghadapi saingan Qualcomm Inc.

MediaTek paling dikenal untuk membuat chip yang masuk ke perangkat speaker pintar seperti unit Echo Amazon.com Inc dan untuk membuat chip di dalam ponsel Android yang lebih mendasar. 

Chip Qualcomm yang lebih lama juga masuk ke beberapa ponsel berharga murah tetapi perusahaan yang berbasis di San Diego lebih dikenal karena memasok chip bertenaga tinggi ke ponsel Android yang lebih mahal seperti Google Pixel.

Dengan chip baru yang diluncurkan di pameran Computex di Taiwan, MediaTek menargetkan ponsel yang lebih kuat yang saat ini disediakan oleh Qualcomm. Chip ini akan berisi modem 5G MediaTek, yang menghubungkan ponsel ke generasi berikutnya dari jaringan data nirkabel yang diluncurkan tahun ini dan berikutnya.

Chip baru MediaTek menggabungkan modem itu dengan teknologi inti prosesor terbaru dari Arm Holdings milik Softbank Group Corp. Dengan membangun prosesor berkekuatan tinggi, serta komputasi inti untuk hal-hal seperti kecerdasan buatan, MediaTek berupaya untuk menantang dominasi pasar Qualcomm.

Namun, Qualcomm memiliki langkah awal. Pada bulan Februari, ia mengumumkan chip 5G generasi kedua untuk smartphone.

Huawei Technologies Co Ltd dan Samsung Electronics Co Ltd juga mengembangkan chip 5G, untuk memasok telepon mereka sendiri. Intel Corp, yang telah memasok modem untuk iPhone Apple Inc, mengatakan akan keluar dari bisnis modem 5G setelah Apple menandatangani kesepakatan pasokan chip dengan Qualcomm pada bulan April.

Chip Qualcomm juga menangani dua varian jaringan 5G, yang disebut band gelombang sub-6 dan milimeter. Itu berarti bahwa ponsel yang menggunakan chipnya akan berfungsi pada jaringan 5G operator mana pun.

Chip MediaTek, sebaliknya, saat ini hanya menangani varian sub-6 dari jaringan 5G. Itu membantu menjaga biayanya tetap rendah, kata pejabat MediaTek. Tetapi itu juga berarti tidak akan berfungsi pada semua jaringan 5G dari operator seperti Verizon Communications Inc dan AT&T Inc yang menggunakan teknologi gelombang milimeter.

Russ Mestechkin, direktur senior MediaTek untuk penjualan dan pengembangan bisnis di AS dan Amerika Latin mengatakan kepada Reuters bahwa perusahaannya yakin chip mereka dapat bersaing di pasar untuk ponsel yang dirancang untuk bekerja pada jaringan yang hanya menggunakan teknologi sub-6, seperti dari Sprint Corp dan T-Mobile US Inc di Amerika Serikat dan banyak jaringan di Cina.




TERBARU

[X]
×