kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menhub: Sistem one way hari ini terakhir, besok normal kembali


Senin, 03 Juni 2019 / 20:17 WIB
Menhub: Sistem one way hari ini terakhir, besok normal kembali


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi penerapan sistem one way di jalan Tol Trans-Jawa bisa diakhiri Senin (3/6) ini. 

"Tampaknya one way, hari ini ditetapkan terakhir, besok sudah diterapkan dengan cara yang normal kembali," kata Budi di Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu di Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (3/6). Menurut Budi, sistem one way tetap dilaksanakan sampai saat ini mengingat masih banyaknya pemudik yang berangkat dari Jakarta. 

"Apa yang terjadi di tol dari Cikarang Utama sampai Kalikangkung semula hanya melakukan one way empat hari. Hari ini tetap dipertahankan one way karena banyak penumpang yang dari arah Jakarta menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujarnya. 

Di sisi lain, Budi mengaku senang lantaran masyarakat mengapresiasi upaya pemerintah dan pihak terkait lainnya dalam menangani arus mudik Lebaran 2019. "Kegembiraan banyak kami peroleh, teman-teman mengatakan ke Solo misalnya 8 jam, bahkan secara luar biasa ke Semarang 5 jam, tetapi ini bukan ukuran, tetapi artinya kemacetan yang selama ini menjadi masalah semakin bisa teratasi dengan baik," ucap Budi.

Saat ini, kata dia, pemerintah bersama kepolisian serta pihak terkait lainnya akan menyusun rencana menghadapi puncak arus balik mudik Lebaran 2019 pada 8 dan 9 Juni. "Hari ini teman-teman di Cikarang akan mengadakan rapat terkait mudik balik. Kita tahu mudik balik puncaknya terjadi pada tanggal 8 dan 9. Oleh karenanya saya minta kepada teman-teman di Jasa Marga, Dirjen (Perhubungan Darat), stakeholder dan Kakorlantas agar mempersiapkan dengan baik," kata Budi.

Sebelumnya, Korlantas Polri juga menyebut penerapan sistem one way di jalan Tol Trans-Jawa pada H-1 Idul Fitri masih tentatif untuk diberlakukan. Hal itu tergantung pada jumlah kepadatan kendaraan arus mudik. 

"Kita sudah empat hari menggunakan one way. Awalnya hanya sampai kemarin saja, namun diperpanjang hingga H-2. Untuk besok tentatif bisa diberlakukan one way lagi," ujar Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 Korlantas Polri, Kombes (Pol) Bakharuddin Muhammad Syah di kantor Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Senin (3/6). 

Bakharuddin menjelaskan, pada H-1 Lebaran mungkin akan ada kepadatan para pemudik di Tol Trans-Jawa. Maka dari itu, sistem one way akan diterapkan secara fleksibel. (Dylan Aprialdo Rachman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Menhub: Sistem "One Way" Hari Ini Terakhir, Besok Normal Kembali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×