Menikmati pesona bawah laut Pulau Lahe yang memukau

Sabtu, 05 Januari 2019 | 18:35 WIB Sumber: Kompas.com
Menikmati pesona bawah laut Pulau Lahe yang memukau


WISATA - GORONTALO. Terumbu karang dan biota di perairan Pulau Lahe telah membuka mata penggemar wisata selam dengan keindahan dan keunikannya. Eksplorasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pohuwato memberi informasi yang signifikan tentang pesona bawah laut pulau kecil ini.

Koral yang masih alami belum terjamah tangan manusia menjadi rumah bagi ikan dan kehidupan liar bawah lautnya yang menarik. Jenisya sangat beragam, memberi daya tarik bagi yang ingin melakukan penyelaman di sini.

Inilah spot penyelaman eksotis yang baru diperkenalkan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. "Kami sedang mengenalkan Pulau Lahe yang eksotis ke wisatawan penggemar selam," kata Irfan Saleh, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan (Baperlitbang) Kabupaten Pohuwato, Jumat (4/1).

Pulau Lahe adalah pulau kecil yang berada di Teluk Tomini. Pulau ini memiliki kekayaan keanekaragaman hayati bawah air yang menawan. Selama ini potensinya belum digarap, bahkan informasinya sangat minim. 

Namun sejak Pemkab Pohuwato melakukan eksplorasi dan pendataan, pulau ini mulai dilirik para penyelam, termasuk yang biasa ke Kepulauan Togean. Destinasi baru Pulau Lahe ini menjadi alternatif para penyelam dunia sebelum atau sesudah ke Togean.

"Wisatawan mancanegara mulai berdatangan, ini kabar yang menggembirakan," ujar Irfan Saleh.

Kerapatan koral dan keberagaman jenisnya menjadi daya tarik yang memikat, juga biota lain yang hidup di sekitarnya. Bagi banyak penyelam, ini adalah nilai yang tinggi untuk turun ke laut sekitar Pulau Lahe. (Rosyid A Azhar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perairan Pulau Lahe, Destinasi Baru Penyelaman di Pohuwato",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru