kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjajaki peluang bisnis salon dan spa


Rabu, 29 Mei 2013 / 18:08 WIB
Menjajaki peluang bisnis salon dan spa
Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts di HBO Max merilis poster tampilkan?Daniel Radcliffe hingga Emma Watson.


Sumber: Kontan 29/5/2013 | Editor: Havid Vebri

Bisnis salon kecantikan dan spa tak pernah surut. Bisnis ini terus bertumbuh lantaran banyak wanita membutuhkannya sebagai tempat perawatan tubuh dan wajah.

Tidak hanya di kota besar, bisnis salon dan spa juga menjamur di daerah-daerah. Bisnis ini semakin marak karena banyak pemain menawarkan kemitraan atau waralaba.

Salah satu pelaku usaha yang kini sedang getol menawarkan kemitraan adalah Eka Rusmawati yang mengusung brand Alysha Salon and Day Spa di Jepara, Jawa Tengah.

Berdiri Mei 2012, Alysha Salon resmi menawarkan kemitraan akhir 2012 lalu. Saat ini sudah ada cabang Alysha Salon and Day Spa yang berlokasi di Jepara dan Kudus, Jawa Tengah. "Semuanya masih milik pusat," ujar Ahmad Syukur, General Manager Alysha Salon and Day Spa.

Alysha Salon menawarkan dua paket kemitraan. Pertama, paket dengan biaya investasi Rp 87 juta untuk masa kerja sama lima tahun. Mitra mendapatkan perlengkapan salon, sistem rekrutmen, pelatihan karyawan, dan produk salon.

Estimasi omzet mitra paket ini mencapai Rp 15 juta per bulan. Adapun target laba bersihnya 40% - 50% dari omzet. Setelah dipotong biaya royalti 5% dari omzet, mitra diharapkan sudah mencapai titik impas dalam waktu delapan bulan – 10 bulan.

Kedua, paket joint operation senilai Rp 63 juta. Dalam paket ini, manajemen salon dikelola langsung oleh pusat. Pembagian keuntungan 50:50 dari laba bersih yang diperoleh per bulan. “Hitungan omzet, laba bersih dan perkiraan balik modal sama dengan paket pertama,” ujarnya.

Jika tertarik bergabung, calon mitra harus menyiapkan ruangan seluas 72 meter persegi. Alysha Salon and Day Spa melayani perawatan kecantikan, rambut, kulit, hingga spa. Biaya yang dipatok berkisar Rp 20.000 – Rp 540.000.

Supaya manajemen salon dan layanan sesuai prosedur, menurut Ahmad, pusat selalu melakukan pendampingan terhadap mitra. “Mitra bisa menghubungi kami setiap saat perihal masalah di salon, akan kami bantu tangani,” ujarnya.

Guna menarik banyak pelanggan, pusat juga siap memberikan pendampingan marketing. Dari sisi marketing ini, pusat mendorong mitra menerapkan sistem member atau anggota. “Member selalu dapat diskon 5% setiap datang,” jelasnya.

Amir Karamoy, Ketua Komite Tetap Waralaba dan Lisensi Kadin menilai, pasar salon khusus wanita masih terbuka lebar karena kompetisinya belum terlalu ketat. Terkait tawaran Alysha Salon, ia menilai, biaya kemitraan dan target omzet yang ditetapkan masih masuk wajar. "Angka yang ditawarkan cukup baik," ujarnya.

Namun, menurut Amir, usaha ini harus memperhatikan dua hal, yaitu promosi dan tenaga kerja. Promosi harus gencar supaya lebih dikenal masyarakat. "Tenaga kerjanya juga harus terlatih," saran Amir.

Alysha Salon and Day Spa                                                                                                                                                     Jl. CS. Tubun No.7 Jepara                                                                                                                                                    HP: 085743371527

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×