Mobil baru didiskon besar-besaran, harga mobil bekas jadi anjlok?

Senin, 22 Juni 2020 | 10:39 WIB Sumber: Kompas.com
Mobil baru didiskon besar-besaran, harga mobil bekas jadi anjlok?

ILUSTRASI. Karyawan membersihkan mobil bekas yang dijual di Bursa Mobil Mal Blok M, Jakarta Selatan, Senin (24/2/2020).


OTOMOTIF - JAKARTA. Sejumlah diler mobil menghadirkan promo dengan memberikan diskon secara besar-besaran kepada konsumen. Apalagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, di mana penjualan mobil baru anjlok. 

Tidak tanggung-tanggung, potongan harga yang ditawarkan mulai puluhan juta rupiah hingga lebih dari Rp 100 juta. Diskon ini tentunya sangat menarik minat calon konsumen yang ingin membeli mobil baru dengan harga lebih murah. 

Baca Juga: Hindari kepadatan Satpas, ini lokasi gerai SIM yang sudah beroperasi di Jakarta

Besarnya potongan harga ini apakah juga akan berpengaruh terhadap kondisi penjualan mobil bekas hingga ikut menurunkan harga jualnya? 

Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan, besarnya diskon tersebut tidak akan berpengaruh pada harga jual mobil bekas. 

Sebaliknya, menurutnya banyaknya penjualan mobil baru akan berpengaruh terhadap perputaran mobil bekas. “Kalau soal harga ya tetap saja seperti kondisi saat ini, tidak banyak berpengaruh. Kalau untuk perputaran mobilnya justru akan lebih kencang atau lebih bagus,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (21/6). 

Alasannya, tambah Herjanto, semakin banyak orang membeli mobil, otomatis juga akan bertambah yang menjual mobil. 

Baca Juga: Harga mobil bekas Nissan Terrano Juni 2020 mulai dari Rp 40 jutaan, ini lengkapnya

Dia mencontohkan, misalkan ada pembeli yang ingin membeli mobil baru karena downgrade dari mobil yang sebelumnya atau ada yang sedikit naik tingkat dari sebelumnya. Otomatis, orang tersebut juga akan menjual mobilnya untuk membeli mobil baru. 

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru