Ngabuburit zaman now: Main gim dan berburu tiket

Minggu, 12 Mei 2019 | 07:34 WIB Sumber: Kompas.com
Ngabuburit zaman now: Main gim dan berburu tiket


RAMADAN - JAKARTA. Mencari kegiatan jelang waktu berbuka atau yang biasa disebut ngabuburit sudah menjadi aktivitas rutin masyarakat di bulan Ramadan. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk ngabuburit.

Mulai dari menyalurkan hobi, berkumpul bersama kerabat, hingga menyiapkan makanan dan minuman berbuka. Situs e-commerce Tokopedia merilis tiga aktivitas ngabuburit favorit dari para penggunanya.

1. Bermain gim

Untuk mengisi waktu jelang berbuka, banyak masyarakat memilih untuk bermain gim. Pada bulan Ramadan 2018 lalu, Tokopedia mencatat peningkatan antusiasme masyarakat terhadap pembelian voucher gim.

Angkanya mencapai lebih dari 100% dibandingkan dengan jumlah transaksi rata-rata voucher gim per bulan. Dua gim yang menjadi favorit para pengguna Tokopedia adalah Mobile Legend dan Point Blank Limit.

"Melihat antusiasme tersebut, bermain gim bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk menghilangkan rasa bosan ketika menunggu waktu berbuka puasa," ungkap Tokopedia dalam siaran pers.

Namun, pastikan kita memanfaatkan waktu secara maksimal. Permainan sebaiknya dimulai dua jam sebelum berbuka puasa agar momen berbuka puasa tidak terlewatkan.

2. Nonton ke bioskop

Selain voucher gim, menonton ke bioskop juga menjadi salah satu aktivitas ngabuburit yang populer bagi pengguna Tokopedia. Tren pembelanjaan di Tokopedia menunjukkan, pengguna senang mengisi waktu dengan menonton film di bioskop selama bulan Ramadan.

Hal ini terbukti dengan tingginya peningkatan transaksi M-Tix di Tokopedia, hingga lebih dari 100% dibandingkan dengan rata-rata transaksi per bulan pada tahun 2018. Apabila malas keluar rumah, maka menonton film di rumah secara streaming menjadi pilihan lain yang bisa dilakukan untuk ngabuburit.

Saat ini tersedia banyak pilihan layanan streaming film berbayar, sehingga semua orang semakin mudah untuk dapat menikmati acara favorit di rumah. 

3. Mencari tiket

Aktivitas lainnya yang banyak dilakukan pengguna Tokopedia pada waktu ngabuburit adalah memesan tiket pesawat dan kereta untuk berbagai macam kebutuhan. Mereka mencari tiket, baik keperluan liburan maupun persiapan mudik lebaran.

Meskipun pada umumnya masyarakat memesan tiket lebaran dari jauh hari, namun masih ada pengguna Tokopedia yang membeli tiket pesawat atau kereta kurang dari satu bulan sebelum Hari Raya. Data Tokopedia menunjukkan, pada bulan Ramadan tahun 2018 tercatat adanya peningkatan jumlah pembelian tiket pesawat sebesar lebih dari 60%.

Lalu, ada kenaikan pada jumlah pembelian tiket kereta sebesar lebih dari 80%. Bagaimana dengan kamu, apa aktivitas favoritmu jelang berbuka? (Nabilla Tashandra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Main Gim hingga Cari Tiket, "Hobi" Pengguna "E-Commerce" Saat Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru