kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nissan menjual saham perusahaan suku cadang


Kamis, 24 November 2016 / 06:10 WIB
Nissan menjual saham perusahaan suku cadang


Reporter: Mona Tobing | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

TOKYO. Perusahaan pengelola dana investasi asal Amerika Serikat KKR & Co, akan membeli saham Calsonic Kansei Corp dari Nissan Motor. Nilai pembelian perusahaan produsen suku cadang ini mencapai ¥ 498,3 miliar atau setara dengan US$ 4,5 miliar.

Nissan melepas saham produsen suku cadang mobil, interior, AC, barang elektronik dan kompresor mobil tersebut sebanyak 41%. Sebelum dimiliki KKR, Calsonic juga diminati perusahaan private equity yakni Bain Capital dan MBK Partner.

Dua perusahaan tersebut mengajukan penawaran pada Juni 2016 lalu. Namun keduanya mundur karena khawatir akan ketergantungan Calsonic kepada Nissan sebagai sumber pendapatannya. Alasan lain, potensi pertumbuhan bisnis onderdil Calsonic ke Nissan juga dinilai terbatas.

Seperti diketahui, Nissan menjadi mitra bisnis Calsonic untuk memasok onderdil ke Nissan. Chief Executive Renault dan Nissan Carlos Ghosn bilang, pihaknya tengah mendorong Calsonic untuk mendapatkan bisnis di luar Nissan.

Dikutip dari The Wall Street Journal, Ghosn ingin mengurangi ketergantungan Calsonic pada Nissan. Saat ini, sebanyak 85% bisnis Calsonic berasal dari Nissan. Lewat pembelian Calsonic, KKR ingin berinvestasi pada pengembangan teknologi otomotif. Termasuk mengembangkan bisnis mobil listrik dan fungsi kemudi otomatis.
Chairman KKR di Jepang Hiro Hirano dalam pernyataan resminya menyatakan komitmennya membantu Calsonic di tengah kelesuan pasar otomotif di Jepang. Calsonic siap bersaing dengan raksasa seperti Continental dan Robert Bosch GmbH.

"Kami akan membantu perusahaan dalam mencapai pertumbuhan bisnis dan membantu untuk menyediakan jaringan internasional. Kami ingin Calsonic Kansei sukses secara global," papar Hiro seperti dilaporkan Reuters.

Di Jepang, KKR telah melakukan transaksi yang cukup besar. KKR membeli Panasonic Healthcare dari Panasonic Corp senilai US$ 1,67 miliar pada tahun 2013. Lalu mengakuisisi Pioneer DJ dari Pioneer Corp pada tahun 2014 sebesar US$ 550 juta.

KKR telah menjual Intelligence Holdings senilai ¥ 68 miliar yen pada tahun 2013. Sebelumnya, KKR juga santer dikabarkan berminat membeli Takata Corp namun akhirnya memilih mundur.




TERBARU

[X]
×