kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nissan Motor mendapatkan US$ 7,8 miliar dari kreditor sejak April 2020


Selasa, 07 Juli 2020 / 09:36 WIB
Nissan Motor mendapatkan US$ 7,8 miliar dari kreditor sejak April 2020
ILUSTRASI. FILE PHOTO: FILE PHOTO: Vehicles of Nissan Motor Co. move on the assembly line at the company's Kyushu plant in Kanda town, Fukuoka Prefecture, Japan, July 9, 2015. Picture taken July 9, 2015. REUTERS/Maki Shiraki/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Nissan Motor Co menyatakan  telah mengumpulkan US$ 7,8 miliar untuk pembiayaan dari para kreditor sejak April 2020 ketika mencoba menopang posisi kasnya dalam menghadapi penurunan penjualan karena pandemi virus corona.

Dalam pengajuan ke otoritas keuangan Jepang pada hari Senin, produsen mobil ini mengatakan telah mengumpulkan total 832,6 miliar yen (US$ 7,8 miliar), termasuk 712,6 miliar yen yang diumumkan pada akhir Mei untuk menanggapi virus baru.

Baca Juga: Simak rekomendasi Sucor Sekuritas untuk saham sektor otomotif

Mengutip Reuters, Selasa (7/7), produsen mobil nomor 2 Jepang ini tengah berjuang memulihkan keuntungan setelah membukukan kerugian tahunan pertama dalam 11 tahun terakhir, menderita karena penurunan penjualan, citra yang ternoda dan posisi uang yang memburuk bahkan sebelum wabah virus melemahkan permintaan global untuk mobil.

Di bawah Kepala Eksekutif baru Makoto Uchida, Nissan telah berjanji untuk memotong 300 miliar yen dari biaya tetap selama empat tahun ke depan, dengan memangkas kapasitas produksi dan kisaran model kendaraan sekitar seperlima.

Mengumumkan rencana pemulihannya pada akhir Mei, Uchida mengatakan peningkatan arus kas akan menjadi tantangan terbesar Nissan, meskipun perusahaan diharapkan memiliki arus kas bebas positif pada paruh kedua tahun keuangan saat ini, dibandingkan dengan negatif 641 miliar yen pada tahun itu. Maret.

Baca Juga: Sektor otomotif dinilai mulai mengalami perbaikan, ini rekomendasi Sucor Sekuritas

Selain pendanaan aman, Nissan mengatakan memiliki 1,1 triliun yen kas bersih dalam bisnis otomotifnya, dan di jalur kredit hingga 1,3 triliun yen.

Tetapi perusahaan telah mengakui bahwa lebih banyak dana mungkin diperlukan untuk meredam pukulan pandemi ini jika terus membebani penjualan dalam beberapa bulan mendatang.

Nissan mencatat penurunan penjualan 40%  year on year dalam penjualan kendaraan global selama periode Maret-Mei, ketika produsen mobil global menutup sebagian besar pabrik kendaraan mereka dan dealer mobil ditutup untuk membendung penyebaran virus.




TERBARU

[X]
×