Ongkos damri ke Bandara Kertajati gratis selama sebulan, begini syaratnya

Sabtu, 22 Juni 2019 | 14:14 WIB Sumber: Kompas.com
Ongkos damri ke Bandara Kertajati gratis selama sebulan, begini syaratnya


TRANSPORTASI - BANDUNG. Sebanyak lima unit bus Damri disediakan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) selama sebulan untuk keberangkatan Bandung- Bandara Kertajati di Majalengka, Jabar.

“Kami mendapatkan bantuan operasional dari BIJB untuk lima unit bus,” ujar General Manager Perum Damri Bandung, Mursalin di Gedung Sate Bandung, Jumat (21/6).

Lima unit bus ini digratiskan selama sebulan. Bus akan berangkat dari Jalan Dalem Kaum setiap dua jam dimulai dari pukul 02.00, 04.00, 06.00, 08.00, 10.00 WIB, dan seterusnya. Namun, jika penumpang membeludak, pihaknya sudah menyiapkan opsi lain. Yakni dengan menambah lima unit bus lagi.

Dengan penambahan lima unit bus ini, perjalanan Bandung-Kertajati dan sebaliknya bisa dilakukan setiap satu jam. Namun persoalannya, dengan penambahan lima unit bus tersebut, ongkos tidak bisa digratiskan.

Untuk itu, pihaknya menyiapkan diskon 50%, dari tarif normal Rp 75.000 menjadi Rp 35.000an. “Ada dua opsi, yang pertama gratis tadi. Kedua, perjalanan tiap satu jam dengan tarif 50%,” tuturnya.

Selain Bandung, pihaknya menyiapkan pelayanan bus dari Cikarang, Kuningan, dan Cirebon. Tarif dari Cirebon Rp 40.000, Kuningan Rp 50.000, dan Cikarang Rp 60.000.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Heri Antasari mengatakan, waktu tempuh Bandung-Kertajati saat ini berkisar di 2-2,5 jam. Setelah Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) selesai, maka waktu tempuhnya hanya 45 menit.

“Mudah-mudahan Tol Cisumdawu cepat selesai, sehingga jarak tempuhnya lebih cepat,” ujarnya. (Reni Susanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ongkos Damri ke Bandara Kertajati Gratis Selama Sebulan, Ini Ketentuannya",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru