kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Operator telekomunikasi di Asia harus mendongkrak kualitas layanan video


Jumat, 09 November 2018 / 23:08 WIB
Operator telekomunikasi di Asia harus mendongkrak kualitas layanan video
ILUSTRASI. Aplikasi video digital MAXstream dari Telkomsel


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konten video menjadi salah satu favorit di era 4G. Nah, lembaga survei Open Signal menganalisa, dengan skala 0 sampai 100, di Asia, Singapura negara yang paling tinggi dalam pengalaman nontin video dengan skor 66,9. Dan terendah adalah Filipina dengan nilai 35 di peringkat terendah. Nilai tersebut menggambarkan berbagai macam kategori kualitas video.

Nilai yang diperoleh Singapura mengantarkan negara tersebut ke dalam kategori Very Good, yang mengindikasikan waktu loading yang cepat dan waktu tunda yang rendah dalam video streaming, bahkan untuk video yang beresolusi tinggi. Singapura menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia dari total 11 negara di seluruh kawasan yang mendapatkan nilai ‘Very Good. Australia dan Taiwan nyaris menempati kategori yang sama. Batas nilai minimal di kategori ini sendiri adalah sebesar 65 poin.

Indonesia sendiri berada di urutan ke 12 untuk urusan pengalaman nonton video dan mendapat skor tertinggi 53,08. Telkomsel berada di urutan pertama terbaik, menyusul XL Axiata  (45,19), Smartfren (40,44), Tri Indonesia (38,86) dan Indosat Ooredoo (30,57). Di Indonesia perbedaan cukup signifikan, hanya dua operator yang berada dalam kategori fair yakni Telkomsel (53,08) dan XL (45,19), sementara sisanya masuk ke kategori poor.

Layanan video memang digandrungi di banyak negara. Di Indnesia, memang tengah digandrungi. Telkomsel mencatat  pelanggannya menggunakan sekitar 63% kuota data untuk video streaming. Setahun terakhir, pertumbuhan trafik konten video di jaringan Telkomsel meningkat signifikan hingga 250%. Operator terbesar di Indonesia ini memiliki platform nonton video sendiri yaitu MAXstream.  Aplikasi video ini berisi berbagai konten seperti film, TV show, olahraga, maupun kartun dari berbagai saluran layanan video on demand dan TV internasional. Sejak diluncurkan di Juni 2018, MAXstream sudah diunduh sebanyak 7 juta. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×