kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pandemi Covid-19 mempercepat pemanfaatan teknologi digital


Selasa, 21 September 2021 / 08:55 WIB
Pandemi Covid-19 mempercepat pemanfaatan teknologi digital


Reporter: Dimas Andi | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 tampaknya mempercepat pemanfaatan teknologi digital di kalangan masyarakat. Besar kemungkinan pemanfaatan tersebut akan terus berlanjut pada saat pandemi usai.

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, dampak dari kehadiran teknologi digital di era pandemi sangat banyak.

Yang terang, keberadaan teknologi digital sangat membantu masyarakat dalam menjalankan berbagai aktivitas di tengah keterbatasan mobilitas saat pandemi.

Baca Juga: PPKM Level diperpanjang, ini daftar pelonggaran pembatasan kegiatan terbaru

“Di masa pandemi, mobilitas bisa menjadi momok bagi masyarakat karena bisa menjadi sumber penyebaran virus. Tapi di sisi lain, aktivitas tetap harus terselenggara sehingga kebutuhan teknologi digital makin meningkat,” ungkap dia, Senin (20/9).

Pandemi pun dinilai malah mempercepat penerapan teknologi digital dalam berbagai aktivitas yang selama ini belum memanfaatkan produk tersebut. Misalnya, aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan sebagainya kian banyak dipakai oleh masyarakat yang beraktivitas dari rumah.

Besar kemungkinan aplikasi seperti itu akan tetap menjadi favorit di masyarakat tatkala pandemi berakhir. Sebab, budaya beraktivitas dari rumah diperkirakan akan tetap marak di masa-masa mendatang.

“Bekerja dari rumah sebenarnya bukan hal baru, tapi pandemi ini mengakselerasi aktivitas tersebut,” imbuh Dicky.

Dia juga menilai, aplikasi seperti PeduliLindungi tetap bisa dikembangkan fungsi dan manfaatnya manakala pandemi Covid-19 sudah berakhir.

Baca Juga: Seruan Anies soal reklame rokok dinilai mengabaikan pemulihan ekonomi

Dalam hal ini, aplikasi tersebut tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendeteksi atau memitigasi bahaya Covid-19, melainkan juga wabah penyakit lainnya meski bukan dalam skala pandemi.

Yang jelas, pengembangan teknologi digital tersebut harus sejalan dengan peningkatan infrastruktur terkait jaringan internet secara merata di Indonesia.

“Akses internet harus ditingkatkan, sama halnya dengan literasi masyarakat terhadap teknologi digital,” pungkas dia.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×