kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,92   -8,44   -0.91%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panorama Sentrawisata meraih laba Rp 4,35 miliar pada 2017


Selasa, 03 April 2018 / 21:55 WIB
Panorama Sentrawisata meraih laba Rp 4,35 miliar pada 2017
ILUSTRASI.


Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kinerja PT Panorama Sentrawisata Tbk sepanjang tahun lalu cukup menggembirakan. Perusahaan yang bergerak di bisnis pariwisata ini mencatatkan laba sebesar Rp 4,35 miliar. Padahal, pada tahun sebelumnya, emiten berkode saham PANR ini sempat merugi sebanyak Rp 16,6 miliar.

Dalam laporan keuangan perusahaan di situs Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (3/4), kenaikan laba PANR tak berbanding lurus dengan pendapatan usaha. Pendapatan PANR sedikit menurun dari Rp 2,13 triliun menjadi Rp 2 triliun.

Penurunan ini disebabkan kerugian dalam selisih kurs mata uang asing yang mencatatkan kerugian sebesar Rp 2,07 miliar. Sedangkan pada 2016, PANR berhasil membukukan keuntungan dari selisih kurs mata uang asing sebesar Rp 5,7 miliar.

Namun secara menyeluruh, kinerja PANR lumayan moncer. Kinerja ini ditopang oleh pengembangkan pasar regional dan perluasan jaringan operasional di kawasan ASEAN. Beberapa waktu lalu, Panorama mengakuisisi perusahaan di Singapura.

Faktor eksternal juga ikut berkontribusi terhadap pencapaian Panorama. Pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan peningkatan kedatangan wisman sebesar 25,68% pada 2017.

Pada tahun ini, Indonesia juga masuk ke dalam daftar top 20 Fastest Growing Travel Destination menurut United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

“Tahun 2017 merupakan tahun yang penting bagi perseroan karena berhasil melakukan beberapa inovasi dan pengembangan dalam kelima pilar bisnis,” ungkap Budi Tirtawisata, Direktur Utama PT Panorama Sentrawisata Tbk dalam keterangan pers, Selasa (3/4).

Budi menambahkan, perseroan melakukan sinergi dengan strategic partner untuk mendukung perkembangan perseroan menjadi pemain regional dan global. Sinergi antara dua pemain pariwisata yang kuat melebur di pilar usaha Travel & Leisure, sebagai PT Panorama JTB Tours Indonesia. Ini diyakini akan memberikan dampak pertumbuhan yang signifikan pada tahun-tahun mendatang.

Kontribusi positif juga datang dari pilar media, yang sepanjang tahun 2017 telah sukses melaksanakan 13 pameran di Indonesia, dua terbesar antara lain Maritime Expo dan Indonesia Comic Con. Perseroan optimistis untuk terus aktif mengembangkan sektor MICE (Meeting, Incentive, Conference & Exhibition) melalui event yang bersifat business to business (B2B) maupun business to consumer (B2C).

Selain itu, perseroan juga melakukan digitalisasi dalam operasional bisnis. Di antaranya meluncurkan layanan pemesanan bus lewat jalur online. Layanan ini memungkinkan konsumen Panorama melakukan online booking sehingga pemesanan lebih fleksibel dan efisien.

Sejalan dengan pencapaian tahun 2017, tahun ini Panorama menargetkan pertumbuhan sebesar 20%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×