kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paper Excellence menaikkan penawaran pembelian perusahaan kertas Brasil


Jumat, 16 Maret 2018 / 12:16 WIB
ILUSTRASI.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - AMSTERDAM. Perusahaan kertas yang berbasis di Belanda, Paper Excellence BV, menaikkan penawarannya untuk mengambil alih perusahaan asal Brasil Fibria Celulose SA. Sumber Reuters membisikkan, upaya ini dilakukan untuk memenangkan kesepakatan dari pesaingnya Suzano Papel e Celulose SA.

Kata sumber tersebut, Paper Excellence menaikkan penawarannya pada Rabu untuk Fibria -produsen pulp kayu ek terbesar di dunia- menjadi 71,50 reais per saham dari 67 reais.

Pemegang saham utama Fibria, konglomerat industri Votorantim Participações SA dan cabang investasi bank pembangunan BNDES, mengkonfirmasi pada minggu ini bahwa mereka telah menerima dua tawaran yang cukup bersaing untuk Fibria.

Sumber yang mengetahui detil permasalahan ini menyebut, keputusan mengenai penawaran sudah hampir final dan dapat tercapai sebelum akhir pekan.

Paper Excellence masih harus menyajikan dokumen yang mengacu pada pembiayaan atas penawaran baru. Perusahaan telah menawarkan untuk membayar biaya pemutusan kontrak sebesar US$ 1,2 miliar jika kesepakatan tersebut gagal.

Paper Excellence menawarkan untuk mengakuisisi 58,5% saham Fibria yang dimiliki pemegang saham pengendali, konglomerat industri Votorantim Participações SA dan BNDESPar, cabang investasi bank pembangunan negara Brasil BNDES.

Tapi Paper Excellence juga akan memperpanjang penawaran pembelian kepada pemegang saham minoritas.

Menurut perhitungan Reuters, dengan harga baru, penawaran Paper Excellence memberi nilai Fibria sekitar 40 miliar reais (US$ 12,18 miliar), tidak termasuk utangnya.

BNDES telah meminta Paper Excellence untuk membuktikan bahwa penawaran tersebut memang memiliki dana.

Sementara, sumber Reuters juga bilang, nilai penawaran pesaing Suzano tidak jelas dan transaksi yang diajukan oleh pulpmaker Brasil memiliki struktur yang berbeda.

Paper Excellence dan Votorantim Participações menolak berkomentar. Bank Pembangunan BNDES tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya, Reuters menyebutkan, Paper Excellence berafiliasi dengan Asia Pulp and Paper milik keluarga Wijaya. Yakni, sebuah entitas bisnis di bawah bendera Sinar Mas milik keluarga Eka Tjipta Widjaja.

Saat dikonfirmasi oleh Kontan.co.id,  manajemen Sinar Mas membantahnya.

"Terkait pemberitaan yang berkembang belakangan ini, perlu kami informasikan bahwa Paper Excellence tidak ada hubungan kepemilikan dan hubungan manajemen dengan Asia Pulp & Paper (APP). Oleh karena itu, transaksi atau kegiatan apapun yang dilakukan oleh Paper Excellence, Asia Pulp & Paper tidak dapat memberikan keterangan dan penjelasan lebih lanjut," ujar Suhendra Wiriadinata, Direktur Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dalam surat klarifikasi yang diterima Kontan.co.id, Jumat (16/3).




TERBARU

[X]
×