kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pelindo III mulai terapkan sistem cashless di pelabuhan


Minggu, 13 Mei 2018 / 20:45 WIB
Pelindo III mulai terapkan sistem cashless di pelabuhan
ILUSTRASI. Kerja sama BRI dengan Pelindo III


Reporter: Yoliawan H | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) sudah mulai melakukan penerapan cashless dalam transaksi di lingkungan Pelindo III. Adapun untuk rencana ini Pelindo III menggaet PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai salah satu penyedia uang elektronik berbasis kartu.

Saefudin Noer, Direktur Keuangan Pelindo III menjelaskan, fokus saat ini adalah untuk memberikan kemudahan kepada para pengguna layanan transaksi di Pelindo III. Selain itu dengan adanya cashless dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi dalam pengelolaan transaksi.

“Layanan cashless ini nantinya akan menggunakan kartu dalam transaksi di gate, tempat belanja, ticketing serta bea cukai,” jelas Saefudin saat ditemui di Jakarta, Jumat (11/5).

Saat ini kita akan edukasi kepada masyarakat agar dapat menggunakan uang elektronik dalam bertransaksi. Akan dilakukan bertahap, untuk transaksi tunai tetap akan disediakan karena Pelindo III memberikan pilihan langsung ke masyarakat.

Dari 47 pelabuhan yang dimiliki Pelindo III, fokusnya akan dilakukan di lima pelabuhan terbesar dengan transaksi terbanyak seperti di Surabaya, Semarang, Tanjung Benoa, Kupang dan Banjarmasin.

“Untuk 100% agak sulit. Saat ini fokus untuk kemudahan dan kenyamanan masyarakat dan tentunya akan bertahap diedukasi serta implementasi infrastruktur cashless itu sendiri,” jelas Saefudin.

Yang pasti di tahun 2018 ini akan dilakukan pada lima pelabuhan besar tersebut. Sebelumnya, Pelindo III telah meluncurkan aplikasi home terminal.

Aplikasi tersebut untuk melayani pemesanan jasa angkutan. Pengguna jasa bisa melakukan pemesanan, pengawasan, serta aktivitas pelabuhan lainnya cukup melalui aplikasi online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×