Pelni akan melayani rute Semarang-Karimunjawa

Jumat, 02 Januari 2015 | 14:28 WIB   Reporter: Edy Can
Pelni akan melayani rute Semarang-Karimunjawa


SEMARANG. Berwisata ke Karimunjawa ke depannya akan semakin mudah. Ini karena PT Pelayaran Indonesia (Pelni) akan menyediakan armada kapal ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Selama ini, rute dari Semarang-Karimunjawa hanya dilayani kapal dua kali dalam waktu satu minggu. Nah, keberadaan armada Pelni akan menambah frekuensi pelayaran. Nantinya, kapal Pelni akan melayani rute Semarang-Karimunjawa sebanyak dua kali dalam sepekan.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Aribowo mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan dermaga untuk mempermudah kapal Pelni berkapasitas 1.500 penumpang itu bersandar. "Pada dasarnya kami ingin agar dermaga ini aman untuk menaikkan maupun menurunkan penumpang," katanya.

Rencananya, pada pertengahan bulan ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan bertemu dengan Pelni. "Kami berharap diperoleh hasil yang baik sehingga pelayanan Pelni untuk rute tersebut bisa segera direalisasikan," katanya.

Prasetyo mengatakan penambahan frekuensi pelayaran untuk rute Semarang-Karimunjawa memang sangat diperlukan mengingat semakin banyak jumlah wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata bahari tersebut. "Selama ini masih banyak keluhan datang dari wisatawan terutama asing karena kapal untuk rute Semarang-Karimunjawa baru ada dua kali satu minggu, padahal mereka bisa kapan saja ingin memutuskan untuk pulang," katanya.

Oleh karena itu, masih banyak wisatawan yang melakukan penyeberangan melalui Jepara karena untuk pelayaran Jepara-Karimunjawa dilakukan setiap hari sehingga memudahkan para pengunjung untuk datang maupun pulang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can

Terbaru