Pemda Banyuwangi siapkan 99 event unggulan untuk menarik wisatawan

Selasa, 05 Februari 2019 | 12:29 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pemda Banyuwangi siapkan 99 event unggulan untuk menarik wisatawan


INDUSTRI PARIWISATA -  JAKARTA. Tahun ini Banyuwangi menyiapkan 99 event unggulan yang dikemas sebagai ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’. Pemerintah Banyuwangi berharap adanya event tersebut menarik wisatawan mancanegara dan domestik berlibur.

"Majestic Banyuwangi Festival 2019 yang ada di Kabupaten Banyuwangi terdiri dari seni budaya, kekayaan alam, dan kreativitas masyarakat. Pagelaran ini sekaligus mengukuhkan Banyuwangi sebagai kota festival yang terkenal di Indonesia karena keberhasilannya dalam menyelenggarakan Banyuwangi Ethno Carnival,” kata Bupati Abdullah Azwar Anas dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Selasa (5/2)..

Abdullah Azwar mengatakan, peluncuran Majestic Banyuwangi Festival 2019 memberi semangat pada masyarakat Banyuwangi untuk melakukan perubahan antara lain lebih ramah, bersih, dan sejahtera.

“Bila semula PAD pariwisata Banyuwangi sebesar Rp 90 miliar, kini mencapai Rp 460 miliar dan ini dinikmati langsung oleh masyarakat,” ujar Abdullah.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’. Ia mengatakan, festival tersebut menampilkan 99 event yang di antaranya event digital dan milenial. “Ada 30% sebagai event digital dan milenial di antaranya; Festival Juragan Pintar,” kata Arief.

Festival Juragan Pintar menghadirkan start up Warung Pintar yang merupakan warung dikawinkan dengan teknologi dalam pengelolaannya sehingga memberikan kemudahan bagi pemilik warung serta kenyamanan bagi para pelanggannya. Teknologi ini bisa digunakan sebagai alat promosi pariwisata di Indonesia berbasis digital.

Pada tahun 2012, Banyuwangi baru memiliki 12 event, tahun 2018 lalu melonjak 75 event, dan tahun ini menjadi 99 event. Semua event ini melibatkan seluruh potensi masyarakat Banyuwangi. Banyuwangi juga memiliki daya tarik wisata alam kelas dunia antara lain Kawah Ijen yang populer dengan blue fire, Taman Nasional Baluran, dan Pantai G-Land yang banyak diminati wisman. Posisi geografis Banyuwangi yang dekat dengan Bali, menjadikan pariwisata Banyuwangi cepat menuju go international.

Jumlah kunjungan wisman ke Banyuwangi tahun 2017 sebanyak 98.970 orang, sedangkan wisnus sebanyak 4,83 juta. Tahun 2018 kunjungan wisman diproyeksikan sebanyak 100.000 wisman, dan wisnus sekitar 5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru