kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PER murah, analis menilai saham IPO Sentra Food layak dilirik


Kamis, 13 Desember 2018 / 20:51 WIB
PER murah, analis menilai saham IPO Sentra Food layak dilirik
ILUSTRASI. Penawaran perdana saham Sentra Food


Reporter: Auriga Agustina | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sentra Food Indonesia bakal melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal tahun depan. Meski masuk tahun politik, sejumlah analis menilai, langkah Sentra Food menawarkan saham perdana atau initial public offering (IPO) di awal tahun depan sudah tepat.

Analis Raliance Sekuritas Kornel Wicaksono mengatakan, setiap tahun pemilu, industri makanan termasuk salah satu yang diuntungkan. "Industri makanan akan terkena dampak positif selama kampanye pemilu karena berpotensi meningkatkan kenaikan pendapatan bagi perusahaan-perusahaan di industri ini," katanya.

Menurutnya, indeks saham sektor konsumer dalam masa tiga kali pemilu menunjukkan kenaikan rata-rata sebesar 46.35%. Nah, ini dapat menjadi tolak ukur kinerja di tahun depan.

Kata Kornel, investor bisa mengeloksi saham Sentra Food, sebab fundamental calon emiten ini cukup bagus. Apalagi, Sentra Food akan menggunakan dana hasil IPO untuk modal kerja, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan.

Sebelumnya manajemen Sentra Food menyebutkan, price earning ratio (PER) dikisaran 12 kali. Menurut Kornel, dibandingkan rata-rata PER industri food & beverage yang mencapai 27 kali, PER Sentra Food terbilang menarik.

Senada, analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan saham perdana Sentra Food menarik untuk dibeli. Selain PER murah, dia menganggap, popularitas PT Kemang Food (Kemfood) yang merupakan anak usaha Sentra Food juga tinggi, sehingga dapat menghasilkan awareness dan daya tarik.

Sebagai Informasi, Sentra Food akan mencatatkan saham di BEI pada 8 Januari 2019. Sentra Food membidik dana Rp 28,75 miliar - Rp 37,5 miliar dari IPO.

Nantinya dana hasil IPO akan digunakan untuk meningkatkan setoran modal ke perusahaan anak, yakni Kemfood yang merupakan pelopor industri daging olahan di Indonesia dengan beragam merek terkenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×