kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapkan QR code Himbara, bank BUMN gandeng Telkom Group


Selasa, 04 Desember 2018 / 15:05 WIB
Persiapkan QR code Himbara, bank BUMN gandeng Telkom Group


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank BUMN nampaknya serius untuk menggarap bisnis QR code. Hal ini karena bank plat merah yakin sistem pembayaran ke depan akan banyak menggunakan teknologi ini.

Hal ini berkaca pada China yang sudah menerapkan teknologi ini dengan dua platform utama yaitu WeChat dan Alipay. Di negara tirai bambu tersebut pembayaran dengan QR code sudah jamak dilakukan di hampir seluruh merchant baik besar menengah maupun UMKM.

Semangat inilah yang ingin diadopsi di Indonesia. Penerapan QR Code Himbara ini diharapkan juga akan seiring dengan standarisasi dan interkoneksi QR code yang akan diimplementasikan ke depan.

Sumber Kontan.co.id mengatakan, seiring dengan interkoneksi dan standarisasi ini, maka layanan teknologi QR code tidak boleh secara eksklusif digunakan oleh penyedia layanan sistem pembayaran.

Misalnya saja, masih menurut sumber ini, Go-Jek selama ini menggunakan QR Code dengan platform Go-Pay. Jika interkoneksi ini jalan, maka bisa saja nanti QR code dari bank atau penyedia fintech lain bisa digunakan di Go-Jek.

“Prinsipnya seperti pembukaan platform uang elektronik di jalan tol untuk semua bank tidak hanya ekslusif di Bank Mandiri,” kata sumber kontan.co.id ini, Senin (3/12).

Indra Utoyo, Direktur Teknologi Informasi dan Operasional Bank BRI bilang untuk mengembangkan QR code Himbara, bank BUMN bekerjasama dengan Telkom Group.

“Kami dalam proses menyatukan platform pembayaran uang elektronik,” kata Indra kepada kontan.co.id, Selasa (4/12). 

QR code Himbara semangatnya juga untuk sinergi kegiatan pemasaran agar terjadi ekosistem pembayaran yang simpel dan terpadu.

Hal ini juga untuk memudahkan pengguna dalam bertransaksi di lingkungan merchant BUMN maupun merchant lain yang sudah bergabung masing-masing dengan Bank Himbara. Menurut Indra, terkait platform QR code nanti bank akan mencari dari teknologi terbaik yang ada.

“Sejauh ini tidak ada adopsi teknologi dari Korea Selatan,” kata Indra. 

Rico Usthavia Frans, Direktur Teknologi dan Operasional Bank Mandiri menambahkan, saat ini pembentukan QR Code Himbara masih dalam tahap preliminary discussion.

“Untuk QR code Himbara kami akan memakai standar nasional QRIS yang sedang dipilotkan,” kata Rico kepada kontan.co.id, Selasa (4/11).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×