kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN Batam terapkan transformasi digital


Kamis, 17 Juni 2021 / 14:32 WIB
PLN Batam terapkan transformasi digital
ILUSTRASI. PLN


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Batam menerapkan tranformasi digital. Itu sejalan dengan visi perusahaan jadi penyedia listrik terbaik dan solusi terintegrasi di Asia Tenggara. 

Perusahaan memiliki core bisnis penyediaan tenaga listrik mulai dari pembangkit, penyaluran dari distribusi energi secara ritel maupun curah dan jasa lainnya yang terkait dengan bisnis ketenagalistrikan.

Direktur Utama PLN Batam Nyoman S. Astawa mengatakan, PLN Batam selalu melakukan transformasi dengan beberapa prinsip, yaitu Lean  atau penyedia tenaga listrik yang lean, andal, dan berbiaya termurah untuk perumahan, bisnis dan industri.

Lean yang dimaksud merupakan digitalisasi pembangkit listrik, pengadaan digital, keunggulan distribusi berbasis digital, optimasi dispatch & harga IPP, prioritas investasi serta prinsip Reliable (implementasi anti black out, membangun smart grid termasuk otomasi grid).

"Selain itu, prinsip Green yaitu memimpin transisi energi Indonesia melalui peningkatan energi baru terbarukan (EBT) secara pesat dan efisien dengan implementasi RUPTL, meluncurkan Green Booster," ujar Nyoman, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (17/6).

Baca Juga: PLN Batam 2020 catatkan penjualan listrik 101,27% dari target RKAP

Kemudian, lanjut Nyoman, perseroan melakukan prinsip Innovative atau simulasi pertumbuhan melalui modal bisnis dan layanan yang inovatif dengan meningkatkan kemudahan memperoleh listrik, pengembangan bisnis IPP dan OM, dan join venture dan/atau akuisisi. 

Terakhir, PLN Batam juga menerapkan prinsip Customer Focused yaitu memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui kualitas dan layanan kelas dunia dengan peningkatan standar layanan, peningkatan bright mobile, pengelolaan sistem pemadaman, peningkatan keakuratan billing dan collection (baca/catat meter).

"Dengan adanya transformasi PLN Batam ini sehingga dapat membantu iklim investasi yang ada di Indonesia, dikarenakan di tengah pandemi Covid-19 ini banyaknya keperluan yang menggunakan listrik guna menunjang berjalan seluruh aspek kehidupan di Indonesia," ucapnya.

PLN Batam juga telah mulai melakukan digitalisasi pada setiap proses bisnis, dari mulai hulu hingga hilir untuk meningkatkan efisiensi, hingga saat ini dikembangkan di antara Advanced Metering Insfrastructure (AMI), layanan loket virtual, SPKLU (charge IN) dan lain sebagainya. 

Implementasi AMI merupakan langkah awal PLN Batam dalam pengembangan smart grid, hingga 04 Juni 2021 total pelanggan smart meter AMI terinstall sebanyak 2561 pelanggan dengan target sekitar  6000 pelanggan di retail nagoya.

Baca Juga: Pemerintah dan PLN meminta swasta gencar menyokong ekosistem kendaraan listrik

PLN Batam juga telah mengoperasikan satu unit SPKLU (Charge-IN) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum, serta telah mengoperasikan dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang berlokasi di kantor korporat Batam Centre, kantor area pelayanan tiban, keduanya dengan total kapasitas sebesar 50 kwp.

"Dengan banyaknya inovasi yang dilakukan oleh PLN Batam, sehingga dapat membantu menciptakan percepatan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat guna mencapai Indonesia emas di tahun 2045.," pungkas Nyoman.

Selanjutnya: Erick Thohir rombak manajemen PLN, tiga direksi baru masuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×