kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,18   -1,18   -0.13%
  • EMAS957.000 0,53%
  • RD.SAHAM 1.14%
  • RD.CAMPURAN 0.23%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Punya sumber daya 8,1 juta troy once, Blok Wabu harapan baru emas Antam (ANTM)


Kamis, 22 Oktober 2020 / 19:56 WIB
Punya sumber daya 8,1 juta troy once, Blok Wabu harapan baru emas Antam (ANTM)
ILUSTRASI. Emas batangan Antam


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) bersiap untuk mengelola tambang emas Blok Wabu, yang merupakan hasil penciutan wilayah PT Freeport Indonesia (PTFI). Pengelolaan Blok Wabu bakal mendongkrak portofolio emas ANTM, khususnya dari sisi produksi di hulu.

General Manager Unit Geomin & Technology Development ANTM Tri Hartono menyampaikan, saat ini pihaknya masih melakukan diskusi bersama MIND ID selaku holding pertambangan BUMN untuk menyusun rencana detail dalam pengelolaan Blok Wabu. Kata dia, penugasan untuk mengelola Blok Wabu menjadi harapan baru ANTM yang saat ini hanya mengandalkan produksi emas dari Pongkor dan Cibaliung.

"Kita internal sering diskusi (dengan MIND ID) saat ini Antam untuk emas tinggal di Pongkor dan Cibaliung. Ya tentunya menjadi baru Antam, apabila nanti ditugaskan untuk mengelola Wabu," kata Tri dalam workshop media yang digelar MIND ID secara daring, Kamis (22/10).

Tri yakin ANTM bisa mengelola dan memproduksi emas di Blok Wabu. Selain karena pengalaman ANTM dalam eksplorasi dan produksi emas, saat ini ANTM juga dibantu oleh holding pertambangan. "Saya kira kami siap, karena punya pengalaman. Sekarang juga dengan MIND ID, tentunya kita diskusi, bagaimana men-develop Wabu," sambung Tri.

Dalam kesempatan yang sama, Senior Vice President for Exploration Division MIND ID Wahyu Sunyoto memastikan bahwa Blok Wabu memiliki sumber daya emas yang sangat menjanjikan. Wahyu yakin, lantaran dirinya menjadi bagian dari tim eksplorasi awal Wabu pada tahun 1999 lalu.

Baca Juga: Bentuk anak usaha, Aneka Tambang (ANTM) bakal IPO bisnis Logam Mulia

Di beberapa titik, kandungan emasnya sangat tinggi hingga ada yang mencapai 72 gram per ton. Namun secara rata-rata, kadar emasnya sebesar 2,17 gram per ton. Secara total Blok Wabu memiliki sumber daya sebanyak 8,1 juta troy once (toz). "Ini terbukti memang ada (kandungan emas) sangat tinggi. Dan ini mempunyai up size potensial sangat besar," sebut Wahyu.

Menurut Wahyu, sejumlah survei sudah dilakukan sejak 1999, bahkan sudah ada pendataan demograsi di setiap lokasi. Sehingga, tambang emas yang berlokasi di Kabupaten Intan Jaya Papua ini sudah siap untuk proses konstruksi dan tahap penambangan selanjutnya.

Namun, baik Tri maupun Wahyu belum memberikan bocoran bagaimana rencana kerja dalam pengelolaan Blok Wabu. "Saat ini pemerintah memberi tugas kepada Antam untuk mengelola Wabu, maka kita tunggu saja proses selanjutnya," kata Wahyu.

Dalam pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, Direktur Utama MIND ID Oria Petrus Moedak menceritakan proses penunjukkan ANTM dalam pengelolaan Blok Wabu. Orias menyampaikan, setelah menerima hasil penciutan wilayah PTFI yang kemudian dikembalikan kepada pemerintah pusat, Pemda Papua menginginkan pengelolaan Blok Wabu melalui kerjasama dengan BUMN. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×