Rangkaian kereta LRT Kelapa Gading-Velodrome sudah tiba di Jakarta

Minggu, 15 Juli 2018 | 14:49 WIB   Reporter: kompas.com
Rangkaian kereta LRT Kelapa Gading-Velodrome sudah tiba di Jakarta

ILUSTRASI. KERETA LRT KELAPA GADING


LRT - JAKARTA. Delapan unit rangkaian kereta LRV (Light Rail Vehicles) yang dikirim dari Korea telah tiba di Jakarta pada Sabtu (14/7) siang. 

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, hadirnya delapan unit LRV tersebut menandakan tuntasnya pengerjaan keseluruhan kereta LRT yang diproduksi Hyundai Rotem di Korea Selatan. 

Delapan rangkaian itu akan digunakan untuk operasional LRT Kelapa Gading-Velodrome. "Dengan hadirnya jumlah keseluruhan delapan unit LRV menandakan tuntasnya keseluruhan kereta LRT yang diproduksi Hyundai Rotem," ujar Dwi dalam siaran resmi yang diterima, Minggu (15/7). 

Ia mengatakan, seluruh kereta LRT ini sesuai spesifikasi teknis dan memenuhi faktor keselamatan sesuai peraturan yang berlaku. Dari delapan unit, empat unit diantaranya sudah terpasang di Depo LRT Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Sisanya empat unit lagi masih di Tanjung Priok dan akan dikirim pada Minggu malam. "Setelah tiba, akan ada sejumlah penyesuaian-penyesuaian dengan situasi lintas, sebelum akhirnya dilakukan sertifikasi oleh Kemenhub," katanya.  

Dwi menjelaskan, pihaknya terus mempercepat pengerjaan dengan bekerja siang malam agar proyek ini dapat beroperasi sesuai target pada Asian Games 2018.

Pembangunan LRT Jakarta koridor I fase I (Kelapa Gading-Velodrome) telah mencapai 77 persen pada pertengahan Juli 2018 dan ditargetkan dapat beroperasi sebelum Asian Games 2018. 

"Berjarak tempuh sekitar 5,8 km dari Kelapa Gading menuju Velodrome adalah tahap awal dari pembangunan jangka panjang LRT sebagai salah satu alternatif transportasi yang dapat mengurangi kemacetan di Jakarta," ujar Dwi. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seluruh Rangkaian Kereta LRT Kelapa Gading-Velodrome Sudah Tiba di Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru