Ada investor berminat, Ridwan Kamil ingin bangun sirkuit MotoGP di Jabar

Sabtu, 09 Februari 2019 | 17:08 WIB Sumber: Kompas.com
Ada investor berminat, Ridwan Kamil ingin bangun sirkuit MotoGP di Jabar


RIDWAN KAMIL - BANDUNG. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menggulirkan wacana untuk membangun sirkuit di Jabar. Hal itu ia sampaikan usai bertemu dengan pebalap MotoGP, Marc Marquez di Gedung Sate Jalan Diponegoro, Sabtu (9/2).

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menilai, kehadiran sirkuit akan mendongkrak potensi ekonomi di Jabar. "Sekarang saya melihat MotoGP ini bukan urusan olahraga, tapi pariwisata. Saya enggak ada masalah dan mendukung. Karena MotoGP ini harus berada dalam radius perhotelan. Sehingga pariwisata Jabar bisa maju dengan jenis pariwisata alam dan pariwisata event," ucap Emil.

Emil mengaku sudah kedatangan dua investor yang berminat membangun sirkuit di Jabar. Saat ini, kata Emil, baru tahap penjajakan.

"Saya sudah dua kali kedatangan investor yang menyatakan minat untuk membuat sirkuit yang terkait MotoGP. Investornya masih lokal. Ini menandakan peluang bisnis event berbentuk olahraga ini tinggi sekali" ujar Emil.

Emil menargetkan kawasan Pantura Jabar jadi lokasi sirkuit tersebut. Sebab, Pantura akan jadi daerah pengembangan utama Jabar. Ia menyebut, area seluas 200 hektare akan disiapkan guna merealisasikan rencana tersebut.

"Rencananya di daerah Bandara Kertajati. Supaya orang dari seluruh dunia kalau mau datang enggak terlalu jauh kan dari bandara. Dan memang lahannya mau dijadikan kota baru yang disebut segi tiga emas. Lahannya minimal 200 hektaran. Kalau gak ada halangan tahun depan," tuturnya.

Namun, Emil mengakui tak mudah merealisasikan wacana tersebut. Apalagi, banyak daerah di Indonesia yang punya keinginan sama.

"Ya pasti tahun depan kalau mulai. Karena saingannya kan banyak ada di Sumatera, NTB (Nusa Tenggara Barat) juga mau. Tapi menurut saya, jangan hanya lokasi, tetapi lihat jumlah penduduknya. Kalau di Jabar perfect karena jumlah penduduknya sangat besar yang merupakan konsumen dari motor," jelasnya.

Penulis: Dendi Ramdhani

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, "Ridwan Kamil "Ngebet" Ingin Bangun Sirkuit MotoGP di Jabar". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru