kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saham emiten sektor migas kembali mendidih


Senin, 14 Mei 2018 / 07:15 WIB
Saham emiten sektor migas kembali mendidih


Reporter: Grace Olivia | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak dunia seakan belum kehabisan tenaga untuk melaju. Bahkan penguatannya diprediksi terus berlanjut di tengah gejolak geopolitik di kawasan Timur Tengah. Alhasil, harga saham emiten-emiten di sektor minyak dan gas pun berpotensi terus terkerek.

Sejak awal tahun, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) kontrak pengiriman Juni 2018 di New York Mercantile Exchange melejit 17,7% ke level US$ 70,70 per barel hingga Jumat (11/5). Ini merupakan level tertinggi minyak sejak Desember 2014.

Analis Samuel Sekuritas Arandi Ariantara menilai, harga minyak kembali reli setelah Amerika Serikat (AS) berniat kembali menjatuhkan sanksi ke Iran. Hal ini berpotensi mengganggu keseimbangan suplai minyak di pasar global.

Namun, isu geopolitik hanya sentimen sementara. "Sifatnya masih noise saja karena masih belum diimplementasikan. Harus kembali lagi lihat fundamental," kata dia, Jumat (11/5).

Menurutnya, secara fundamental permintaan dunia masih cukup tinggi. Data inventoris minyak AS, dirilis turun hingga 2,2 juta barel pada pekan lalu yang mengindikasikan banyaknya kebutuhan.

Begitu pun di China, EIA memprediksi konsumsi minyak Negeri Tirai Bambu itu tumbuh menjadi 13,7 juta barel per hari di akhir tahun nanti. "Impor minyak China akan naik seiring peralihan dari export-oriented menjadi consumer-oriented dalam industrinya," tutur Arandi.

Arief Budiman, analis Ciptadana Sekuritas Asia bilang, harga minyak dunia juga masih terjaga lantaran rencana Saudi Aramco untuk melaksanakan IPO.

Potensi besar

Untuk itu, Arief masih mempertahankan outlook positif bagi sektor minyak dan gas sepanjang tahun ini. Hal ini tentu akan berpengaruh ciamik pada emiten-emiten yang berkecimpung di sektor ini.

Sebut saja MEDC yang menjadikan harga minyak Brent sebagai acuan. Arief menjelaskan, harga jual rata-rata minyak MEDC biasanya terdiskon US$ 2 sampai US$ 3 per barel dari harga minyak Brent.

Saat ini, harga minyak Brent telah menembus US$ 77 per barel. "Artinya, masih ada potensi upside untuk minyak MEDC," ujar Arief.

Research Analyst MNC Sekuritas Muhamad Rudy Setiawan menilai, saham MEDC dan ELSA cukup menarik di tengah tren saat ini. Karena MEDC memiliki sumur-sumur minyak yang masih mampu dioptimalkan untuk mendorong pertumbuhan pendapatan. “Sementara, ELSA saat ini mulai berekspansi dengan seismic laut yang digunakan untuk wilayah blok Mahakam,” ujar Rudy. ELSA juga telah mengantongi nilai kontrak sebesar Rp 4,5 triliun.

Kendati demikian, Rudy tetap menjagokan MEDC lantaran valuasinya yang menarik. Ia memberi rekomendasi beli saham MEDC dengan target Rp 1.830 per saham.

Saham MEDC juga menjadi pilihan Arief. Ditilik dari valuasinya, saham MEDC memiliki EV/EBITDA sebesar 7,3 kali. “Rata-rata sektornya sekitar 8,5 kali. Jadi masih oke,” pungkasnya.

Senada, Arandi juga masih mempertahankan MEDC sebagai saham top pick untuk sektor migas. Dia merekomendasikan beli MEDC dengan target harga Rp 2.000 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×