Sebabkan banjir, Anies meminta kontraktor cek sistem drainase

Kamis, 31 Januari 2019 | 11:37 WIB   Reporter: kompas.com
Sebabkan banjir, Anies meminta kontraktor cek sistem drainase


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar kontraktor proyek di Jakarta memeriksa saluran air di lingkungan proyeknya. Ia meminta agar pekerjaan konstruksi tak menimbulkan banjir. 

"Nanti kami minta diperiksa ulang, tapi kami ingin agar semuanya bekerja memastikan, terutama pengelola proyek, bahwa jangan ada saluran air yang tertutup," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (31/1). 

Anies mengatakan, sudah ada ketentuan yang mengatur agar saluran-saluran air di sekitar proyek konstruksi tidak boleh terhalang material. Ia mencontohkan, underpass di dekat Stasiun Cawang yang pernah banjir besar lantaran ada proyek pembangunan di sana. 

"Ingat kejadian tahun lalu di Cawang, underpass itu tertutup oleh pembatas jalan yang dipasang oleh kontraktor di sana. Jadi salurannya lancar tapi menuju salurannya terhambat," kata Anies. 

Untuk itu, Anies meminta agar kontraktor memastikan saluran air serta aksesnya lancar. "Jadi seperti itu nanti harus diperiksa lagi," kata dia. Sebelumnya, banjir setinggi 30-40 sentimeter merendam Jalan Boulevard Barat di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (30/1) pagi. 

Hujan deras yang mengguyur sejak Selasa malam dianggap menjadi faktor utama. Namun, proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta dan ruas tol dalam kota yang melintas di kawasan Kelapa Gading ikut menjadi sebab. 

Kelapa Gading Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan pernah menyatakan hal serupa. Teguh menilai, pelaksana proyek kurang memperhatikan masalah drainase. 

Ia mencontohkan, genangan di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (25/1) lalu adalah salah satu buktinya. "Salah satu penyebab genangan sekarang ini pembangunan MRT, LRT, 16 ruas jalan tol DKI, (tol) Becakayu. Mereka yang melakukan pembangunan, jujur, kurang memperhatikan drainase-drainase yang ada," ujar Teguh. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Proyek Sebabkan Banjir, Anies Minta Kontraktor Cek Sistem Drainase"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru