Sedot ribuan wisatawan, Samosir gelar festival musik internasional

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 08:14 WIB   Reporter: Agustinus Respati
Sedot ribuan wisatawan, Samosir gelar festival musik internasional

ILUSTRASI. Batuhoda


JEP Danau Toba -PANGURURAN. Buat pencinta musik daerah khususnya Batak, jangan lewatkan agenda yang satu ini: Samosir Music International (SMI) 2019. Festival musik ini bakal berlangsung pada 23-24 Agustus nanti.

Lokasinya di Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Daerah ini merupakan tempat favorit turis asing dan lokal bermalam selama pelesiran di kawasan Danau Toba.

Baca Juga: Memandang keindahan Danau Toba dari Geosite Sipinsur

Karena itu, bukan cuma penyanyi lokal dan nasional, musisi internasional pun bakal tampil di SMI 2019. "Yang menjadi sisi unik dari event ini adalah, semua musisi termasuk dari luar negeri akan membawakan musik dan lagu-lagu Batak," kata Bupati Samosir Rapidin Simbolon kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019, Jumat (9/8).

Musisi mancanegara yang bakal meramaikan SMI 2019, misalnya, Salammusik dari Malaysia, Bagjuice asal Belanda, serta Son & Preachers dari Jerman.

Sementara penyanyi dalam negeri yang akan mengisi pagelaran musik yang memasuki tahun kelima itu, antara lain Viky Sianipar dan Band, Alsant Nababan, Alex Hutajulu, Tongam Sirait, juga Jajabi Band.

Menurut Rapidin, SMI 2019 sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan pariwisata Danau Toba terutama Samosir. Apalagi, Danau Toba masuk dalam Program Destinasi Super Prioritas.

Rapidin menargetkan, SMI 2019 bisa menyedot 15.000 pengunjung. Terlebih, tahun ini festival musik tersebut untuk pertama kali digelar selama dua hari ini. "Separuhnya dari luar Samosir atau wisatawan. Dan, acara ini gratis," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini

Terbaru