kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sentimen eksternal dan internal jadi vitamin bagi rupiah


Selasa, 25 Juni 2019 / 19:16 WIB
Sentimen eksternal dan internal jadi vitamin bagi rupiah


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pergerakan rupiah pada hari ini kembali ciamik. Sentimen eksternal dan internal memberikan vitamin terhadap mata uang Garuda sehingga bisa terbang.

Berdasarkan data Bloomberg, kurs rupiah ditutup menguat 0,15% ke level Rp 14.125 per dollar AS dari penutupan perdagangan kemarin. Begitu pun di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah hari ini (25/6) tercatat menguat 0,19% ke level Rp 14.138 per dollar AS. 

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, perkembangan dagang Amerika Serikat (AS)-China semakin positif. Jalan menuju damai dagang semakin terbuka, kala Presiden AS, Donald Trump dikabarkan akan menerima dengan senang hati apapun hasil pertemuan tersebut.

Rencana pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan dilakukan dalam agenda KTT G20 di Osaka, Jepang akhir pekan ini. Beijing pun siap bernegosiasi dengan Washington.

Wakil Menteri Perdagangan China Wang Shouwen menegaskan kedua pihak siap berkompromi untuk mencapai kesepakatan. Dialog akan berlangsung dengan prinsip saling menghormati demi kepentingan bersama.

Ibrahim menilai perdamaian dagang AS-China akan membuat ada harapan pertumbuhan ekonomi global yang lebih baik. “Sehingga pasar juga memandang emerging market, termasuk Indonesia masih prospektif,” kata Ibrahim, Selasa (25/6).

Dari internal Ibrahim bilang rencana pemerintah memangkas tarif pajak penghasilan (PPh) pasal 22 hunian mewah dari 5% menjadi 1% dan membebaskan PPN atas rumah atau bangunan korban bencana alam menjadi vitamin bagi rupiah. Hal ini kembali membawa angin segar di pasar khususnya bagi sektor properti dan real estate.

Ibrahim memprediksi besok rupiah diperdagangkan masih akan menguat di level Rp 14.070-Rp 14.170 per dollar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×