kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak deretan strategi Semen Indonesia (SMGR) untuk mendongkrak kinerja tahun ini


Jumat, 23 April 2021 / 16:42 WIB
Simak deretan strategi Semen Indonesia (SMGR) untuk mendongkrak kinerja tahun ini
ILUSTRASI. Penataan jaringan distribusi yang terintegrasi terbukti mampu meningkatkan kinerja Perseroan.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) menyiapkan sejumlah strategi untuk menopang kinerjanya sepanjang tahun 2021. Sekadar catatan, SMGR mengalami penurunan volume penjualan semen sebesar 7,9% (yoy) menjadi 39,84 juta ton pada tahun 2020. Bersamaan dengan itu, pendapatan bersih SMGR menyusut 12,87% (yoy) menjadi Rp 35,17 triliun.

Direktur Strategi Bisnis dan Pengembangan Usaha Semen Indonesia Fadjar Judisiawan menyampaikan, pihaknya menargetkan penjualan semen dapat tumbuh seiring dengan pertumbuhan GDP Indonesia pada tahun ini.

Memang, harus diakui bahwa pasar semen dalam negeri masih cukup menantang seiring kondisi kelebihan pasokan yang terjadi, ditambah dengan adanya beberapa pemain baru yang memasuki fase operasional di tahun ini.

Baca Juga: Akuisisi bisnis Ahlers di Indonesia, ini pertimbangan Samudera Indonesia (SMDR)

Kendati begitu, SMGR dipandang masih bisa tumbuh berkat beberapa kelebihan seperti kualitas produk premium, variasi produk, serta jaringan distribusi yang kuat. Strategi yang dimiliki SMGR juga makin mempertajam kelebihan-kelebihan tersebut.

“Kami mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang berfokus pada penggunaan semen sesuai aplikasi dan penyediaan solusi bagi pelanggan, sehingga lebih tepat guna dan efisien penggunaannya,” ungkap dia, Kamis (22/4).

Salah satu solusi teknologi konstruksi yang diluncurkan SMGR adalah One-Day-One-Home (Dynahome). Ini merupakan solusi pembangunan rumah dengan metode cetak di tempat, sehingga mempercepat proses pekerjaan dinding rumah dengan kualitas tinggi dalam satu hari secara massal dengan biaya yang efisien.

SMGR juga memiliki strategi berupa penyediaan semen khusus MaxStrength dengan ketahanan sulfat tinggi dan panas hidrasi rendah yang sesuai untuk aplikasi konstruksi seperti jembatan terpapar air laut, dermaga, pembangkit listrik, dan fasilitas pengolahan limbah.

Baca Juga: Surya Esa Perkasa (ESSA) meraup laba bersih US$ 6,40 juta pada triwulan I

Untuk menopang kinerja, SMGR turut meluncurkan produk baru pada pertengahan tahun lalu, yaitu Semen Dynamix Masonry. Semen tersebut tergolong dalam semen kantong khusus aplikasi plesteran dan pasangan bata dengan kualitas tepat guna dan harga efisien.

Lebih lanjut, SMGR dengan visinya menjadi perusahaan penyedia solusi bahan bangunan terbesar di regional juga mengembangkan produk selain semen, yakni mortar dan inovasi digital untuk solusi bangunan seperti SobatBangun.

“Ke depannya, portofolio produk dan solusi SMGR akan terus bertambah. Rangkaian inisiatif strategis ini akan mendukung perusahaan untuk terus meningkatkan performa bisnisnya,” imbuh Fadjar.

Selanjutnya: Mitra Keluarga Karyasehat (MIKA) kantongi laba Rp 316,34 miliar pada kuartal I

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×