kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Simak Katalis Positif Bagi Kinerja Solusi Sinergi Digital (WIFI) Selama 2022


Minggu, 11 September 2022 / 12:15 WIB
Simak Katalis Positif Bagi Kinerja Solusi Sinergi Digital (WIFI) Selama 2022
ILUSTRASI. Layanan akses internet Surge dari PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) dan MacroAd di stasiun kereta.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Solusi Sinergi Digital Tbk (WIFI) ingin mencapai pertumbuhan pendapatan selama tahun 2022 dibandingkan realisasi kinerja pada tahun sebelumnya. Perusahaan juga berharap kinerja positif itu dapat diiringi dengan kenaikan laba yang cukup baik hingga akhir tahun nanti.

Corporate Secretary Solusi Sinergi Digital Gilman Pradana menuturkan, optimisme perusahaan tidak lepas dari mulai beroperasinya segmen bisnis infrastruktur serat optik atau konektivitas sejak tahun ini. Dengan begitu, pendapatan dari lini bisnis tersebut akan turut memberikan kontribusi pada kinerja perusahaan di semester kedua 2022.

Mengutip pemberitaan sebelumnya, Solusi Sinergi Digital mengatakan, jaringan serat optik sepanjang 2.800 kilometer di rel kereta Pulau Jawa, yang merupakan hasil kerja sama antara WIFI dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah mulai beroperasi.

Selain itu, WIFI juga telah mulai mengoperasikan segmen pertama jaringan serat optik sejak kuartal I-2022.

"Pendapatan dari segmen telekomunikasi dikontribusikan dari segmen pertama jaringan fiber optik yang sudah mulai beroperasi, baik pada penjualan bandwidth kepada ISP (internet service provider) maupun pendapatan penyewaan core serat optik," ungkap Gilman, kepada Kontan.co.id, Jumat (9/9 lalu).

Baca Juga: Kinerja WIFI Selama 2022 Masih Didukung Sektor Bisnis Periklanan dan Produk Digital

Maka dari itu, Solusi Sinergi Digital pun melihat peluang besar dari segmen telekomunikasi atau konektivitas sebagai penopang pertumbuhan bisnis ke depan.

Tak berhenti sampai di situ, sebagai salah satu langkah mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan, dalam waktu dekat ini Solusi Sinergi Digital akan meluncurkan metaverse, bernama MyVerse, yang telah dikembangkan perseroan sejak awal tahun 2022.

Gilman menjelaskan, perkembangan pemanfaatan Web 3.0 atau metaverse yang diperkirakan dapat bertumbuh pesat ke depan serta dengan didukung infrastruktur konektivitas (fiber optik, edge data center, content delivery network (CDN) dan ekosistem digital yang telah dibangun perseroan selama ini, menjadikan modal bagi perseroan untuk melangkah ke dalam bisnis pengembangan dan pemanfaatan metaverse.

"Kami sudah punya audience, pengguna aplikasi-aplikasi yang selama ini kami kembangkan, seperti KAI Access, Linistore (warehouse) dan aplikasi Adakita. Kami juga punya infrastruktur konektivitas, bukan hanya internet berkapasitas tinggi dari fiber optik, tetapi juga edge data center di berbagai lokasi dan daerah, serta pengoperasian CDN yang bertujuan untuk memberikan experience pengguna atau penikmat konten dengan latensi yang lebih baik. Pengembangan Metaverse memerlukan hal tersebut," jelas Gilman.

Dengan kata lain, WIFI melihat bahawa baik dari sisi supply teknologi maupun dari sisi demand (posisi pengguna) metaverse, sudah ada di dalam ekosistem yang telah dibangun perusahaan selama ini.

 

 

Berdasarkan catatan KONTAN, pada tahap awal, potensi pengguna MyVerse datang dari 18,5 juta pengguna moda transportasi berbasis rel yang selama ini menikmati layanan dari Surge. Hal ini akan memberikan potensi dalam pengembangan lini bisnis periklanan digital perseroan yang dapat berkontribusi signifikan kepada pendapatan Solusi Sinergi Digital ke depan.

Sekedar informasi, WIFI tercatat membukukan pertumbuhan pendapatan 2,6% secara tahunan menjadi Rp 205,55 miliar selama semester I-2022.

Pendapatan usaha tersebut masih ditopang oleh pendapatan produk digital yang berkontribusi sebesar Rp 141,44 miliar dari total pendapatan selama enam bulan pertama 2022. Kemudian disusul oleh pendapatan periklanan dan telekomunikasi yang masing-masing senilai Rp 61,09 miliar dan Rp 3,07 miliar.

Dari sisi bottom line, WIFI tercatat membukukan laba neto tahun berjalan yang diantribusikan kepada entitas induk sebesar Rp 17,63 miliar per semester I-2022. Angka ini turun tipis dari sebelumnya Rp 17,78 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×