kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak langkah strategis Astra Graphia (ASGR) perbaiki kinerja tahun ini


Senin, 19 April 2021 / 13:25 WIB
Simak langkah strategis Astra Graphia (ASGR) perbaiki kinerja tahun ini
ILUSTRASI. RUPS PT Astra Graphia Tbk di Jakarta (14/4/2021). Simak langkah strategis Astra Graphia (ASGR) perbaiki kinerja tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Demi memperbaiki kinerja bisnisnya, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) berencana menjalankan sejumlah langkah strategis di sepanjang tahun ini. Salah satunya, dengan memaksimalkan keuntungan melalui penguatan fundamental bisnis dan kepemimpinan pasar yang telah dicapai perseroan di tahun 2020. 

Chief of Corporate Secretary and Communications Astra Graphia, Melinda Pudjo  mengatakan, di tahun lalu  Astra Graphia berhasil mempertahankan posisi pemimpin pasar pada segmen perangkat multifungsi berwarna A3 dan printer produksi. 

Selain itu, melalui entitas anak usahanya PT Astra Graphia Information Technology (AGIT), ASGR berhasil meraih peluang bisnis dari kebutuhan teknologi digital dengan mencatatkan pertumbuhan kontrak baru di sepanjang tahun 2020. 

"Di tahun 2020, AGIT berhasil mencatatkan pertumbuhan kontrak baru sebesar 16% dibandingkan periode yang sama di tahun 2019," ungkap Melinda kepada Kontan.co.id, Jumat (16/4). 

Baca Juga: Optimistis kinerja membaik, begini peluang bisnis Astra Graphia (ASGR) di tahun 2021

Melinda menambahkan, di tahun ini ASGR juga akan berfokus memperkuat kualitas layanan dan daya saing di lini bisnis printing dan digital. Diketahui, ASGR memiliki portofolio bisnis solusi dokumen, dengan mitra eksklusif Fuji Xerox, guna melayani end-to-end mulai dari kebutuhan cetak personal, perkantoran, graphic art, hingga manage print services

Dia menilai, akan ada banyak peluang bisnis baru yang bisa dimanfaatkan ASGR untuk menoreh keuntungan signifikan di tahun ini. Hal itu, tentunya sejalan dengan upaya pemulihan ekonomi negara yang tengah digenjot pemerintah pasca pandemi Covid-19 tahun lalu. 

"Industri-industri yang mulai mengalami pemulihan dibandingkan masa-masa awal pandemi akan berpengaruh positif terhadap peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan oleh Astragraphia. Di tengah optimisme akan perbaikan kondisi bisnis di tahun 2021, Astragraphia tetap menerapkan prinsip kehati-hatian dan menjaga posisi keuangan yang sehat," sebut Melinda. 

Selain langkah strategis guna mengoptimalkan setiap lini bisnis yang ada, Melinda juga bilang di tahun ini ASGR akan turut memperkuat kompetensi sumber daya manusia (SDM)-nya, melalui peningkatan kemampuan (up-skilling) dan pelatihan kemampuan baru (re-skilling) guna memenuhi kebutuhan bisnis baru. 

Baca Juga: Astra Graphia (ASGR) bagikan dividen Rp 14 per saham

Demi memuluskan rencana bisnisnya di tahun ini, ASGR menganggarkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Rp 176 miliar. Dana yang bersumber dari kas internal perusahaan ini sebagian besar akan digunakan untuk keperluan bisnis inti ASGR. 

"Sebagian besar capex akan digunakan untuk keperluan bisnis inti, yaitu equipment for Hire “Mesin Fuji Xerox” dan sisanya digunakan untuk kerperluan internal perusahaan," jelas Melinda. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×