kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Suku bunga turun, IHSG diramal menguat


Selasa, 22 Agustus 2017 / 20:46 WIB
Suku bunga turun, IHSG diramal menguat


Reporter: Nathania Pessak | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup di zona hijau setelah naik 19,29 poin atau 0,33% ke level 5.880,30, pada Selasa (22/8). Keputusan Bank Indonesia untuk menurunkan suku bunga turut menjadi tenaga bagi pergerakan IHSG esok.

"Pasar memiliki ekspektasi terkait rapat dewan gubernur (RDG) hari ini," ujar Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee.

Pasalnya, menurut Hans pelaku pasar berasumsi akan ada potensi penurunan suku bunga dari bank sentral, sehingga dalam beberapa hari terakhir sektor perbankan mengalami penguatan. "Ini juga menjadi penopang IHSG," tambahnya.

Hans juga mengingatkan bahwa pasar masih sedikit khawatir dengan adanya latihan militer bersama antara Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS). "Hal ini bisa membuat Korea Utara berang dan menaikan tensi Korea Utara terhadap AS lagi," kata Hans.

Sebagai informasi, latihan ini berlangung sejak 21 Agustus hingga akhir Agustus 2017 mendatang. Latihan ini melibatkan puluhan ribu tentara AS dan Korea Selatan di darat, laut, dan udara. Latihan militer tersebut dinilai AS dan Korea Selatan sebagai bentuk mempertahankan pencegahan terhadap agresi Korea Utara.

Sementara, Analis Koneksi Kapital Alfred Nainggolan menyebutkan, harga beberapa komoditas yang naik seperti minyak, nikel, tembaga, dan timah turut menopang kenaikan IHSG hari ini. "Kemudian bursa Asia juga terlihat menguat seperti Hang Seng, jadi ini turut jadi katalis," ujarnya.

Alfred memprediksi, IHSG masih bisa berlanjut menguat karena pembelian bersih asing hari ini masih cukup bagus sehingga dapat membuat investor domestik confident dalam perdangan besok. "Apalagi bursa regional tidak ada kejutan," imbuh Alfred.

Untuk itu, besok Alfred memprediksi IHSG akan berada di rentang 5.850 - 5.910. Dia merekomendasi saham dari sektor perbankan yakni BBNI, kemudian saham dari sektor konstruksi WSKT, serta saham sektor energi yakni ADRO.

Prediksi Hans, besok IHSG juga masih melanjutkan penguatan di level 5.890 - 5.900. Hans mengingatkan untuk mempertimbangkan saham sektor properti seperti BSDE dan PWON, serta merekomendasikan saham sektor perbankan yakni BBCA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×