Tarif tol Sedyatmo disesuaikan, golongan I dan II naik, Golongan IV dan V turun

Kamis, 09 Mei 2019 | 17:35 WIB   Reporter: Abdul Basith
Tarif tol Sedyatmo disesuaikan, golongan I dan II naik, Golongan IV dan V turun


JALAN TOL - JAKARTA. Tarif jalan tol Sedyatmo atau dikenal tol Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan disesuaikan mulai hari Minggu 12 Mei mendatang. Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan tarif golongan I dan II akan naik. Sementara golongan IV dan V turun serta golongan III tetap.

"Melakukan reclustering untuk golongan IV dan V tarifnya lebih kecil dibandingkan tarif lama," ujar Kepala BPJT Danang Parikesit dalam konferensi pers, Kamis (9/5).

Penyesuaian tarif dilakukan dengan evaluasi dua tahun sekali. Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan penyesuaian tarif berdasarkan inflasi dengan mengacu Badan Pusat Statistik (BPS).

Danang bilang penyesuaian itu melihat pertimbangan sosial ekonomi. Apalagi melihat perubahan pola penggunaan lahan di sekitar bandara. "Sudah tumbuh kegiatan ekonomi baru, muncul pusat pergudangan," terang Danang.

Sementara, pengamat perkotaan Yayat Supriyatna mengungkapkan penurunan tarif golongan IV dan V akan mendorong peningkatan angkutan logistik. "Angkutan logistik perlu didorong agar tidak terlalu mahal, insentif yang diberikan untuk meningkatkan kinerja kawasan industri," jelas Yayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru