Tekan harga gula Jakarta, ini rencana Ahok

Selasa, 16 Agustus 2016 | 19:25 WIB Sumber: Antara
Tekan harga gula Jakarta, ini rencana Ahok


Jakarta. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membeli mesin pengolah gula. Ini untuk menjaga keamanan pangan bagi warga di Ibukota.

"Memang rencananya kami akan membeli mesin pengolah gula. Dengan begitu keamanan pangan di wilayah DKI Jakarta bisa terus kami jaga," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Selasa (16/8).

Sebelumnya, menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, PT Food Station Tjipinang telah lebih dulu membeli mesin untuk mengolah beras. Pihaknya pun akan kembali melakukan pembelian berupa mesin mesin pengolah gula.

"Sekarang kan PT Food Station Tjipinang sudah punya mesin pengolah beras. Nanti, kira-kira dua bulan lagi kami akan beli mesin lainnya, yaitu mesin pengolah gula," ujar Ahok.

Dia menuturkan mesin pengolah gula tersebut nantinya juga akan dikelola oleh PT Food Station Tjipinang. Diharapkan, ke depannya Pemprov DKI Jakarta mampu mengatur harga gula di wilayah Ibukota.

"Dengan adanya mesin itu, kami bisa mengatur harga gula, seperti yang kami lakukan pada beras. Jadi, kalau gula sudah jatuh ke PT Food Station Tjipinang, kami bisa menjual dengan harga yang murah sekali," tutur Ahok.

Selain membeli mesin pengolah gula, mantan Bupati Belitung Timur itu juga berencana untuk membangun perkulakan di Pasar Kramat Jati, sehingga para pedagang bisa mendapatkan harga murah sebagai pasokan.

"Kami juga ingin membangun perkulakan sendiri. Akan tetapi, nantinya untuk pembelian bahan-bahan pokok akan menggunakan sistem kartu keanggotaan untuk menghindari terjadinya penimbunan bahan pokok," ungkap Ahok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru