Terminal BBM Gunung Sitoli mulai salurkan B20

Jumat, 01 Februari 2019 | 11:40 WIB   Reporter: Ika Puspitasari
Terminal BBM Gunung Sitoli mulai salurkan B20


PROGRAM B20 - JAKARTA. Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menyatakan komitmennya dalam mendukung kebijakan penerapan campuran minyak nabati 20% pada bahan bakar diesel atau Biodiesel B20. Terminal BBM Gunung Sitoli, Nias, Sumatra Utara telah mulai menyalurkan B20 dan menghentikan suplai B0 atau solar murni pada Januari 2019.

Ada 19 TBBM di wilayah MOR I yang menyalurkan B20. Tahun lalu TBBM Gunung Sitoli juga mensuplai lebih dari 16.200 Kilo Liter (KL) B20. Secara total, MOR I melalui Industrial Fuel & Marine menyalurkan hampir 600.000 KL Biodiesel B20 di seluruh wilayah Sumatera bagian Utara. Jumlah ini akan terus ditingkatkan seiring dengan meningkatnya kemampuan suplai minyak nabati dari produsen.

Operation Head TBBM Gunung Sitoli Abuzar mengatakan, penyaluran B20 akan berdampak pada beberapa instansi pengguna Solar B0. "Hingga kini instansi seperti PLN khusus PLTG dan Alutsista TNI masih menggunakan B0. PLN misalnya, karena spesifikasi pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) nya memang pakai B0," ungkap Abuzar dalam siaran pers, Jumat (1/2).

Abuzar menuturkan, pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan tanggal 4 Januari 2019 ke pihak-pihak terkait agar instansi-instansi pengguna B0 segera melakukan alih suplai B0 dari TBBM Gunung Sitoli ke TBBM Teluk Kabung, TBBM Dumai, TBBM Medan Group, TBBM Tanjung Uban, ataupun TBBM Pulau Sambu. Dengan begitu, lanjutnya, diharapkan tidak mengganggu operasional instansi-instansi tersebut.

Ia menambahkan, Pertamina menjamin kehandalan suplai B0 di lokasi-lokasi TBBM tersebut. Kendati demikian, penyaluran dapat dilakukan setelah pihak-pihak terkait yang membutuhkan telah menyelesaikan proses alih suplai ke TBBM penyedia Solar B0.

Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM No. 2018 K/10/MEM/2018, pemerintah telah menetapkan 30 titik penerimaan Biodiesel sehingga Solar Murni (B0) hanya akan tersedia di 30 titik penerimaan FAME (Fatty Acid Methyl Ester) yang telah ditentukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru