kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkatkan Produk dan Layanan, Kunci Hino Kembangkan Sayap di 2019


Selasa, 26 Maret 2019 / 13:51 WIB
Tingkatkan Produk dan Layanan, Kunci Hino Kembangkan Sayap di 2019

Reporter: Sponsored | Editor: Indah Sulistyorini

Ingin mengulang kesuk­sesan di tahun 2018, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bertekad terus melakukan pengembangan di tahun 2019. Baik dari sisi produk, layanan purna jual, jaringan, hingga sumber daya manusia (SDM).

          Prestasi Hino yang ditorehkan di tahun 2018 terbilang sangat gemilang. Pasalnya HMSI berhasil melewati target penjualan dengan berhasil melepas 40.072 unit kendaraan bermotor ke pasar. Dari sisi market share, Hino berhasil mempertahankan posisi sebagai market leader medium duty truck yang telah diraihnya selama 19 tahun. Terlihat dari bagaimana Hino New Generation Ranger menguasai 64% market share dan ditargetkan naik jadi 65% tahun ini. Kepercayaan konsumen terhadap light duty truck juga semakin bertumbuh. serta Hino New Dutro ditargetkan menjadi 25% atau naik 21% dari tahun lalu.

          “Kami optimis di tahun politik ini pasar kendaraan komersial masih terus tumbuh. Untuk itu dengan kualitas produk yang sudah tidak diragukan lagi dan aktivitas Total Support yang mengutamakan kemajuan bisnis pelanggan, Hino dapat mengulang prestasi di 2018 dengan penjualan melebihi target. Dan yang paling utama bagi kami adalah menjadi mitra bisnis sejati bagi pengusaha di sini, ujar Presiden Direktur HMSI Hiroo Kayonaki.

          Untuk membantu tercapainya tujuan ini, Hino terus melakukan penambahan-penambahan fitur produk yang dimilikinya. Contohnya saja akan ada penambahan rear camera pada Hino New Generation Ranger dan Hino New Dutro. Tujuannya adalah untuk menambah keselamatan pengemudi ketika mundur atau parkir di area yang sulit dilihat.

          Hino juga menambahkan side guard atau pelindung bagian samping demi mencegah kecelakaan lalu lintas yang dapat menelan korban jiwa. Penggunaan sistem pengereman Anti-Lock Brake System (ABS) juga digunakan khusus untuk angkutan bahan bakar minyak, gas, bahan kimia, dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Truk dengan fitur ABS ini akan bantu memberikan perlindungan lebih ketika berkendara dalam kecepatan tinggi serta kondisi jalan yang licin.

          Buat yang tertarik dengan penambahan fitur ini, Anda bisa memilih Hino New Generation Ranger FG 245 JK untuk kapasitas 8.000 liter serta FL 245 JN, FL 245 JW, dan 285 JD untuk kapasitas 16.000 liter. Untuk model tractor head dengan kapasitas tarik tangki 24.000 liter, Hino memiliki tipe SG 260, 285 TH, dan FM 265. Sedangkan model yang paling tinggi adalah FM 350 TH untuk kapasitas 32.000 liter.

          Produk yang hebat harus ditunjang juga dengan jaringan yang kuat dan layanan purna jual yang andal. Saat ini Hino memiliki jaringan outlet dealer sebanyak 165 cabang di penjuru Nusantara dan akan ditambah menjadi 188 outlet. Penambahan ini akan mengisi area-area strategis sehingga pelayanan terhadap konsumen menjadi lebih maksimal dan mudah karena penyebaran outlet-nya semakin luas. Waktu operasional dealer juga ditambah, seperti yang terletak di daerah Cilincing, Jakarta Utara, yang beroperasi 24 jam sehingga perawatan kendaraan bisa dilakukan kapan saja.

          Khusus di kawasan Indo­ne­­sia timur, Hino akan men­dirikan jaringan distribusi suku cadang di pusat Indonesia Timur. Hal ini akan memper­singkat waktu pengiriman suku cadang, sehingga arma­da Hino yang berada di kawasan ini dapat cepat beroperasi kembali.

          Tak ketinggalan part shop atau toko suku cadang juga akan ditambah. Dari 3.073 toko menjadi 3.153 toko di penghujung akhir 2019. Pengembangan ini sendiri bagian dari kesiapan Hino menuju era Euro 4 yang akan diterapkan pemerintah di tahun 2021 dan B30 di tahun 2020.

          Selain kendaraan yang berkualitas, sumber daya manusia berkualitas juga turut memegang peranan penting. Terutama para pengemudi yang mengendarai Hino setiap harinya, menempuh perjalanan demi mengantarkan barang atau produk sampai tujuan dengan selamat. Untuk mendukung tercapainya hal tersebut, HMSI berkomitmen membantu tercapainya transportasi yang aman dan nyaman bagi penumpang dan barang.

          “Kami memiliki produk yang kuat dan layanan yang hebat, tapi ini semua harus dibarengi oleh sumber daya manusia yang bermutu dan terpercaya. Untuk itu, setiap pengembangan Hino dititikberatkan pada kemajuan pengemudi dan keberhasilan bisnis customer kita. Maka terciptalah ekosistem bisnis yang baik dan kami tumbuh bersama-sama,” jelas Direktur Penjualan dan Promosi HMSI Santiko Wardoyo.

          Salah satu strategi yang diterapkan HMSI untuk tercapainya hal tersebut adalah dengan melakukan kegiatan Hino Safety Driving Competition yang telah digelar dua tahun belakangan ini. Tahun 2019 ini, HMSI kembali menggelar kompetisi tersebut di 10 kota dengan target peserta adalah pengemudi Hino New Dutro dan Hino New Generation Ranger.

          Total roadshow keselamatan berkendara ini sudah melewati 21 kota dengan total peserta mencapai 1.500 pengemudi dari 752 perusahaan customer setia Hino. Acara ini sendiri terbilang cukup berhasil mencegah pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang diapresiasi langsung oleh Kepolisian lalu lintas dan Dinas Perhubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×