kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Trans Jawa dan Sumatera dikebut


Kamis, 04 Januari 2018 / 07:04 WIB
Tol Trans Jawa dan Sumatera dikebut


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mentargetkan beroperasinya sejumlah ruas jalan tol baru pada tahun ini. Ruas-ruas jalan tol yang ditargetkan akan beroperasi di 2018, terutama yang masuk dalam proyak jaringan jalan tol Trans Sumatera dan Trans Jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan, di proyek Trans Sumatera, ruas jalan tol yang ditargetkan bisa beroperasi dalam waktu dekat adalah Bakauheni-Terbanggi Besar paket I-IV. Ruas tersebut ditargetkan bisa mulai beroperasi pada Januari tahun ini.

Selain itu, PUPR juga tengah mengejar penyelesaian pengadaan tanah untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang serta Pematang Panggang-Kayu Agung Palembang. Upaya percepatan pembebasan tanah dilakukan karena ruas tersebut ditargetkan bisa diresmikan operasionalnya pada Mei 2018 atau Juni 2018.

"Secara umum Trans Sumatera pada Juni bisa difungsikan untuk Asian Games," kata Basuki, Rabu (3/1).

Sedang terkait pembangunan jalan tol Trans Jawa, Basuki menyebut sejauh ini masih menemui kendala teknis pada konstruksi, salah satunya terdapat tanah lunak di beberapa titik. Namun, ia optimis pembangunan masih bisa terus berjalan dan selesai sesuai target yang ditetapkan.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, pada tahun ini akan ada 19 ruas jalan tol di seluruh Indonesia yang bisa dioperasikan, baik sebagian maupun penuh.

Operator optimis

Direktur Utama PT Hutama Karya I Gusti Ngurah Putra mengaku saat ini pengadaan tanah untuk jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sudah mencapai 92 %. Karena itu pihaknya optimistis pada Juni 2018, jalan tol itu bisa diresmikan.

Selain itu ruas Terbanggi Besar-Kayu Agung juga ditargetkan tuntas sebelum pelaksanaan Asian Games 2018. "Target saya penyelesaian tanah harus selesai akhir Januari agar selesai sebelum lebaran," jelasnya.

Hutama Karya juga tengah menggenjot penyelesaian konstruksi Jalan Tol Medan - Binjai yang hanya menunggu rampung satu seksi lagi. Sedang Jalan Tol Palembang- Indralaya ditargetkan untuk bisa selesai pada Maret 2018.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Arryani juga optimistis bisa menyelesaikan pembangunan sejumlah jalan tol di Trans Jawa yang menjadi tanggung jawab perusahaan tersebut. Salah satunya adalah ruas l Ngawi-Kertosono.Jalan tol ruas itu ditargetkan beroperasi Febuari 2018.

Selain itu, jalan tol lain yang akan beroperasi seperti Solo-Ngawi, Gempol-Pasuruan seksi II-III, Batang- Semarang, dan Salatiga- Kartasura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×