Tour de Bintan ajang menarik wisatawan

Jumat, 23 Maret 2018 | 18:12 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tour de Bintan ajang menarik wisatawan

ILUSTRASI. Selandia Baru Raih Kemenangan IRONMAN 70.3, Bintan


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Sebanyak 1.200 pebalap sepeda dipastikan ambil bagian dalam Tour de Bintan 2018. Tahun ini, Tour de Bintan 2018 diselenggarakan 23 Maret-25 Maret 2018 di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. 

Tour de Bintan 2018 merupakan event penting bagi para atlet. Ajang ini penting untuk berebut poin agar bisa mengikuti kejuaraan dunia Kejuaraan Dunia UCI Gran Fondo (GFWC) yang akan berlangsung di Varese, Italia akhir Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira mengatakan, jumlah peserta Tour de Bintan tahun 2018 menjadi catatan rekor tersendiri. Pasalnya, pada 2016 jumlah peserta hanya 824 peserta. 

Tahun 2017, jumlah peserta meningkat mencapai 1.045. Para peserta ini berasal 40 negara. “Tahun ini negara yang paling banyak mengirimkan peserta adalah Singapura sebanyak 20%. Yang kedua dari Inggris sebanyak 16%, dan yang ketiga dari Australia sebanyak 12%. Sisanya 35% dari berbagai negara. Peserta Indonesia sendiri sebanyak 14%,” kata Luki dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (23/3).

Menteri Pariwisata Arief Yahya bilang, event ini berhasil mempertahankan reputasi penyelenggaraan cycling bertaraf internasional di Bintan. Pelaksanaannya dari tahun ke tahun semakin sempurna. Event ini juga sukses membuat semua hotel, akomodasi di Bintan penuh, sehingga industri wisata berkembang baik.

"Indirect impact-nya atau media value-nya makin kuat. Bintan menjadi host Tour de Bintan yang semakin populer, di banyak negara, sebagai tempat balap sepeda yang berkualitas didukung fasilitas yang memadai," kata Arief Yahya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru