Transjabodetabek Bekasi-Plaza Senayan diuji coba

Kamis, 07 September 2017 | 12:44 WIB Sumber: Kompas.com
Transjabodetabek Bekasi-Plaza Senayan diuji coba


BISNIS TRANSPORTASI - Bus premium rute Mega City Bekasi- Plaza Senayan diuji coba mulai Kamis (7/9) pagi hingga 20 September mendatang. Bus ini memiliki fasilitas berbeda dibandingkan bus reguler.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono mengatakan, bus ini memiliki fasilitas WiFi, kamera CCTV untuk keamanan, colokan untuk charge handphone. Kami punya standar internasional seperti bus-bus yang ada di Singapura," ujar Bambang saat melakukan uji coba di Bekasi, Kamis (7/9).

Ia menjelaskan, kenyamanan di dalam bus sangat diutamakan karena sasaran penumpang bus ini adalah warga menengah ke atas. Selain itu BPTJ berupaya mendorong warga yang biasa menggunakan kendaraan pribadi agar beralih menggunakan angkutan umum.

Sama halnya dengan bus reguler, bus premium dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC. Perbedaan yang sangat terlihat adalah pada susunan kursi penumpang. Bus reguler rute Bekasi-Bundaran HI memiliki kursi menyamping atau berhadapan antara penumpang.

Sementara bus premium berkapasitas 34 penumpang ini memiliki susunan kursi yang seluruhnya menghadap ke depan, sehingga penumpang merasa lebih nyaman. Di setiap deretnya terdapat masing-masing dua kursi di bagian kanan dan kiri. Sementara di bagian paling belakang terdapat enam kursi.

Bambang menyampaikan, selama dalam perjalanan, tidak boleh ada penumpang berdiri, sebab bus melaju dengan kecepatan yang lebih tinggi karena masuk ke jalan tol.

Adapun biaya yang harus dikeluarkan para penumpang untuk bisa menggunakan bus premium ini tentu lebih mahal ketimbang tarif bus reguler yaitu Rp 20.000 per orang. (Anggita Muslimah)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Ini Fasilitas Bus Transjabodetabek Premium Rute Bekasi-Plaza Senayan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru