kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uber berencana menjual saham IPO senilai sekitar US$ 10 miliar


Rabu, 10 April 2019 / 10:03 WIB
Uber berencana menjual saham IPO senilai sekitar US$ 10 miliar


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - RAKSASA perusahaan rintisan dan penyedia aplikasi transportasi yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Uber Technologies Inc memutuskan menjual saham dengan nilai  sekitar US$ 10 miliar dalam penawaran umum perdana April ini. Kabarnya rencana ini akan diumumkan pada Kamis ini.

Mengutip Reuters, Rabu (10/4), penawaran IPO sebesar itu akan menjadikan Uber sebagai salah satu IPO perusahaan teknologi terbesar sepanjang masa, dan terbesar sejak raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd pada 2014.

Uber mengejar valuasi antara $ 90 miliar dan $ 100 miliar, dipengaruhi oleh buruknya kinerja saham saingannya Lyft Inc setelah IPO akhir bulan lalu. Bankir investasi sebelumnya mengatakan kepada Uber bahwa itu bisa bernilai $ 120 miliar. Namun valuasi  Uber baru-baru ini sebesar US$ 76 miliar di pasar penggalangan dana swasta.

Saham yang dijual ini sebagian besar milik perusahaan dan sebagian kecil milik para investor Uber yang ingin mencairkan saham mereka.

Uber berencana mendaftarkan IPO-nya ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada hari Kamis, dan akan memulai roadshow investornya sampai minggu 29 April, kemudian mulai menjualnya di New York Stock Exchange pada awal Mei. Namun rencana tersebut masih dapat berubah. Namun terkait informasi ini, perwakilan untuk Uber menolak berkomentar.

Sementara perdagangan saham IPO Lyft, saingan Uber,  menghasilkan US$ 2,34 miliar atau sedikit lebih rendah dari penilaian sebelumnya yang lebih dari US$ 24 miliar.

Namun saham tersebut  diperdagangkan dengan buruk sejak memulai debutnya di Nasdaq pada 29 Maret, karena kekhawatiran tentang jalur startup menuju profitabilitas menjadi lebih menonjol. Saham Lyft mengakhiri perdagangan pada hari Selasa di US$ 67,44, jauh di bawah harga IPO US$ 72 mereka.

Pada hari Senin, Pinterest Inc menetapkan kisaran harga untuk IPO Uber di bawah US$ 12 miliar.

Uber beroperasi di lebih dari 70 negara. Selain naik sepeda, bisnisnya meliputi persewaan sepeda dan skuter, pengangkutan barang, pengiriman makanan, dan divisi mobil mandiri yang mahal.

Selama roadshow IPO, kepala eksekutif Uber, Dara Khosrowshahi, akan ditugaskan untuk meyakinkan investor bahwa ia telah berhasil mengubah budaya perusahaan dan praktik bisnis setelah serangkaian skandal memalukan selama dua tahun terakhir.

Termasuk tuduhan pelecehan seksual, pelanggaran data besar-besaran yang disembunyikan dari regulator, penggunaan perangkat lunak terlarang untuk menghindari pihak berwenang dan tuduhan suap di luar negeri.

Tahun lalu Uber membukukan  pendapatan US$ 11,3 miliar, sementara pemesanan kotor dari wahana adalah $ 50 miliar. Tetapi perusahaan kehilangan US$ 3,3 miliar, tidak termasuk keuntungan dari penjualan unit bisnis di luar negeri di Rusia dan Asia Tenggara.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×