kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Walmart berjuang melawan Amazon dengan pengiriman sehari


Selasa, 14 Mei 2019 / 17:28 WIB
Walmart berjuang melawan Amazon dengan pengiriman sehari


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Walmart Inc berupaya melawan raksasa e-commerce Amazon.com Inc. Perusahaan ritel ini menawarkan pengiriman satu hari tanpa biaya pengiriman.

Mengutip Reuters, Selasa (14/5), langkah ini diambil setelah berminggu-minggu Amazon mengumumkan penawaran serupa. Tentunya aksi dua raksasa ini akan mengintensifkan perlombaan untuk mengirimkan pesanan ke pembeli lebih cepat.

Tepatnya pada 25 April lalu, Amazon mengatakan pihaknya berencana untuk mengirimkan paket kepada anggota klub loyalitasnya Prime hanya dalam satu hari. Perusahaan mengestimasi bakal menghabiskan US$ 800 juta untuk tujuan pengiriman di kuartal kedua saja.

Penawaran Walmart berlaku untuk lebih sedikit produk. Sebanyak 220.000 item, yang paling sering dibeli, mulai dari deterjen hingga mainan dan elektronik akan memenuhi syarat untuk pengiriman satu hari ini. Pesanan harus bernilai setidaknya US$ 35 untuk memenuhi syarat.

Kesepakatan Walmart akan tersedia untuk pembeli online di Phoenix dan Las Vegas dan kemudian berkembang ke California Selatan dalam beberapa hari mendatang, kata kepala layanan e-commerce AS, Marc Lore, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Layanan ini akan diluncurkan secara bertahap, dengan rencana untuk mencapai sekitar 75% populasi AS tahun ini, yang mencakup 40 dari 50 wilayah metro AS teratas, kata Lore.

Pengiriman satu hari menandai penyelamatan terbaru dalam pertarungan antara dua ritel yang secara konsisten mencoba untuk mengalahkan satu sama lain dalam segala hal. Mulai dari pengiriman pesanan online hingga meraih pangsa lebih besar dari pasar grosir online.

Walmart mulai menawarkan penjemputan pada hari yang sama di tokonya pada tahun 2011 dan menyusul pengiriman gratis dua hari Amazon dua tahun lalu dengan menawarkannya tanpa biaya keanggotaan. Ini telah membuat kemajuan dalam menutup kesenjangan dengan saingan e-commerce-nya dengan meluncurkan layanan seperti penjemputan kelontong tepi jalan dan pengiriman bahan makanan di hari yang sama.

Amazon juga membuka toko dengan barang-barang terlaris mulai dari buku hingga ponsel; meluncurkan pickup bahan makanan tepi jalan di hari yang sama dan bersiap-siap untuk menerima pengembalian di semua department store A.S. Kohls Corp AS.

"Kami telah mengerjakan ini sejak saya tiba di sini ... kami telah membangun infrastruktur selama beberapa tahun terakhir untuk mendukung ini," kata Lore, yang bergabung dengan peritel pada tahun 2016 ketika mengakuisisi perusahaannya, Jet.com.

Sebagian besar volume pesanan untuk layanan seperti itu berasal dari produk "beberapa ratus ribu pertama," katanya.

Langkah itu akan membuat Walmart lebih murah karena pesanan akan dikirim dari gudang yang lebih dekat ke pelanggan dan tiba dalam satu kotak alih-alih beberapa paket, kata Lore.

"Ini kontra-intuitif ... tetapi cara kami menyusun struktur jaringan kami, kami akan melihat peningkatan keuntungan sebagai akibat dari biaya pengiriman yang lebih rendah," katanya.

Dalam sebuah catatan pada hari Senin, bank investasi UBS mengantisipasi kepindahan ke pengiriman satu hari dari pengecer bata-dan-mortir dan memperkirakan harga.

"Intinya adalah bahwa biaya ini cukup mudah dikelola," kata catatan itu.

Walmart akan menurunkan investasi tambahan sebesar US$ 215 juta. Bisnis AS dapat melihat hambatan pada margin operasi 5 basis poin secara tahunan dan 3 basis poin untuk Walmart secara keseluruhan selama periode yang sama jika mereka mengikuti penawaran pengiriman satu hari Amazon, kata catatan itu.

Lore mengatakan kepada Reuters bahwa perhitungan dalam catatan itu tidak akurat.

Dia juga mengatakan tarif impor China yang baru-baru ini diterapkan tidak akan mengurangi permintaan karena sebagian besar adalah penjual terbaik dan barang-barang populer yang akan terus dibeli pembeli meskipun harga naik.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×