Wow, ingin berolahraga memanah kini semakin mudah

Sabtu, 02 Februari 2019 | 15:30 WIB   Reporter: Anggar Septiadi
Wow, ingin berolahraga memanah kini semakin mudah


HOBI - JAKARTA. Olahraga memanah tak begitu populer di kalangan masyarakat. Olahraga yang sebenarnya dianjurkan dalam Islam ini biasanya bisa dinikmati oleh segelintir orang.

Alasannya tentu saja karena lapangan atau tempat bisa memanah tak sebanyak seperti olahraga sepakbola. Namun ada satu tempat yang bisa anda datangi untuk berolahraga memanah. Nama tempatnya adalah Archery Range di Summarecon Mall Bekasi. Di wahana memanah dengan luas 3.800 meter persegi (m²) ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin mencoba kegiatan yang konon telah berusia ribuan tahun ini.

"Kami membuka Archery Range sejak 2018 untuk mendukung konsep Sumarecon Bekasi sebagai family mall. Jadi keluarga yang datang ke sini, misalnya Ibunya bisa pergi ke salon, ayahnya bisa main panahan," kata Center Director SMB Ugi Cahyono.

Ugi menambahkan, dibukanya Archery Range SMB juga sebagai respons atas minimnya wahana luar ruangan sebagai alternatif hiburan di Kota Bekasi.

Bagi yang berminat, Archery Range SMB bisa ditemui di Parkir Downtown Walk SMB. Harga tiket bermain cukup terjangkau, yakni Rp 35.000 untuk bermain dengan 30 anak panah. Dan Rp 55.000 untuk bermain selama 60 menit.

Standar profesional

Fasilitas Archery Range SMB terbilang lengkap, misalnya target yang beragam, mulai dari 10 meter hingga 70 meter. Sehingga pemain bisa menantang dirinya sendiri, sejauh mana fokus dan ketepatan mengarahkan anak panah membidik sasaran. Busur, anak panah, dan beragam perlengkapan lainnya menggunakan perlengkapan standar pertandingan profesional. Sehingga tak hanya bisa dimainkan oleh pemula, Archery Range juga bisa dinikmati profesional.

Sementara untuk pemula yang ingin menjajal pun tak perlu khawatir, sebab pengelolaan Archery Range dilakukan dengan bekerja sama dengan Jakarta Archery Club (JAC). "Meski terlihat sederhana, memanah juga punya teknik," kata Ugi.

Tak hanya mengelola, instruktur dari JAC disebut Ugi juga akan mendampingi pemain saat memanah. Mengajarkan teknik dasar, hingga memastikan semua aspek keamanan bisa terpenuhi.

Salah satu Instruktur JAC, Danang menjelaskan, aspek keamanan di Archery Range cukup terjamin, bahkan melebihi standar yang ditetapkan. Danang juga menambahkan, dengan dibukanya Archery Range SMB, maka bisa semakin banyak masyarakat yang bisa mencoba olahraga ini.

Menurut dia, saat ini wahana memanah sejatinya masih minim. "Sampai saat ini lapangan di Senayan masih belum dibuka untuk umum sejak persiapan Asian Games lalu," lanjutnya.

Archery Range kerap membikin turnamen terbuka yang bisa diikuti masyarakat umum. Ia mengaku, animo masyarakat menjajal panahan sejatinya cukup besar. Tiap bulan setidaknya ada 800 orang hingga 1.000 orang yang datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru