kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agen pemegang merek tetap rajin ekspansi


Sabtu, 17 Februari 2018 / 16:55 WIB
Agen pemegang merek tetap rajin ekspansi


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski penjualan otomotif diprediksi stagnan, agen pemegang merek (APM) tetap mengagendakan untuk penambahan diler baru di tahun ini. Langkah ini diharapkan semakin memperluas jaringan pasar serta meningkatkan pelayanan purna jual atau after sales.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, mengatakan, tahun ini pihaknya akan membuka sekitar 10 diler baru di beberapa kota. Tambahan tersebut akan melengkapi 317 diler yang sudah beroperasi saat ini.

Diler baru akan semakin memperkokoh posisi Toyota Astra Motor sebagai perusahaan otomotif yang memiliki jaringan penjualan terbesar di Indonesia. Meski masih belum mau membeberkan lokasi diler yang akan dibangun, Fransiscus bilang pihaknya melirik daerah-daerah di luar Jakarta. "Penjualan beberapa daerah luar Jakarta terus berkembang," kata Soerjo kepada Kontan.co.id, Kamis (15/2)

Sebagai gambaran, jumlah diler Toyota Astra Motor yang berada di wilayah Jakarta saja mencapai 65 unit. Sedangkan sisanya tersebar di kota-kota besar di tanah air.

Santiko Wardoyo, Direktur Sales & Promotion PT Hino Motors Sales Indonesia mengaku akan menjalankan aksi serupa. Sebagai produsen kendaraan komersial, tahun ini Hino Motors Sales Indonesia juga berencana menambah diler kendaraan truk dan bus.

Fokus luar Jakarta

Setidaknya akan ada 15 diler baru yang akan dibangun tahun ini. "Akan ada 15 diler tipe 3S (sales, service, spare parts) baru yang buka di luar Jakarta semua," kata Santiko kepada Kontan.co.id, Kamis (15/2).

Menurut Santiko, pelayanan Hino Motors Sales Indonesia di Jakarta sudah cukup memadai. Untuk itulah, pembangunan diler di luar Ibukota menjadi prioritas. Setidaknya sudah ada 13 diler Hino yang berlokasi di Jakarta.

"Sumatra, Jawa, dan juga Sulawesi kami lihat potensinya besar karena infrastuktur jalan semua," jelas Santiko. Di tiga wilayah tersebut pembangunan infrastruktur terus tumbuh, ditambah lagi harga komoditas yang membaik, menjadi pemicu peningkatan penjualan kendaraan komersial.

Tidak mau ketinggalan, PT Hyundai Oto Komersial Indonesia juga akan menambah jaringan penjualannya tahun ini. Ari Tristianto Wibowo, Marketing Manager PT Hyundai Oto Komersial Indonesia, mengatakan, akan menyiapkan lima diler baru.

Jumlah diler yang akan dibangun di bawah target. Awalnya, Hyundai Oto Komersial Indonesia berniat menambah 10 diler baru tahun ini. "Tapi beberapa calon partner dari sisi track record tidak bagus, ya tidak kami terima," ungkap Ari kepada Kontan.co.id. Wilayah yang menjadi bidikan pembangunan diler baru Hyundai Oto Komersial Indonesia adalah Jakarta, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan dan Jawa Barat. Menurut Ari, potensi penjualan kendaraan jauh lebih baik di luar Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×