kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aprindo klaim telah pangkas harga tiga komoditas


Senin, 10 April 2017 / 21:35 WIB
Aprindo klaim telah pangkas harga tiga komoditas


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Kesepakatan antara Kementerian Perdagangan dan peritel modern untuk menurunkan harga tiga komoditas pangan pokok di semua toko ritel modern mulai berlaku, Senin (10/4). Peritel modern sepakat memasang spanduk di toko mereka untuk menginformasikan kepada konsumen harga daging kerbau beku Rp 80.000 per kilogram (kg), harga gula Rp 12.500 per kg dan harga minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000 per kg.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey mengatakan semua toko ritel modern mulai dari Hypermart, Carrefour, Giant, PT Hero Supermarket Tbk, Indomaret dan Alfamaret serta Superindo dan toko ritel modern lainnya sudah menyesuaikan harga sesuai permintaan Kemdag.

"Kami sudah serempak menjalankan kesepakatan tersebut sebagai bukti keseriusan dari para peritel modern mendukung program pemerintah untuk menstabilkan harga pangan," ujar Roy kepada KONTAN, Senin (10/4).

Menurut Roy, pihaknya juga sudah melakukan pemantauan langsung bersama dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita terhadap sejumlah toko ritel modern. Penetapan harga tiga komoditas ini sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditentukan Kemdag berlaku sampai 10 September 2017 mendatang.

Setelah 10 September 2017, Roy bilang Kemdag dan pelaku usaha ritel akan melakukan evaluasi apakah tetap melanjutkan kesepakatan atau ada perubahan mengikuti perubahan harga pangan. Roy mengatakan penurunan harga tiga komoditas ini di semua toko ritel modern dapat dijalankan karena sudah ada kesepakatan dengan para distributor untuk menyesuaikan harga dengan kondisi sekarang.

Hal ini juga termasuk bagi stok lama yang sudah sempat masuk ke toko ritel modern, karena akan dilakukan refaksi atau penurunan harga oleh distributor. Kendati demikian, Roy mengakui tidak semua toko ritel modern di daerah dapat serempak menurunkan harga pada 10 April.

Pasalnya, ada sejumlah kendala seperti jarak dan tranportasi yang mahal. Ambil contoh di Jayapura dan Sulawesi masih perlu penyesuaian dalam beberapa hari ke depan baru bisa menurunkan harga.

"Ini juga masalah distribution center, kalau yang di Jawa lebih cepat dibandingkan mereka yang punya distributon center di luar Jawa," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×