kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bauxite Club akan dibentuk untuk mendorong pengembangan industri logam


Jumat, 23 Februari 2018 / 20:29 WIB
Bauxite Club akan dibentuk untuk mendorong pengembangan industri logam
ILUSTRASI. Smelter pemurnian bauksit menjadi alumina


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pelaku usaha Indonesia mendorong adanya konsistensi kebijakan yang berpihak pada pengembangan hilirisasi mineral tambang dan pengembangan industri logam.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perindustrian Johnny Darmawan mengatakan, berhasilnya hilirisasi mineral tambang ditandai dengan terserapnya produk industri pengolahan atau smelter dalam negeri oleh industri hilir berbasis mineral logam, contohnya industri logam dasar.

”Tanpa adanya industri manufaktur berbasis mineral logam, maka hilirisasi mineral tambang tetap tidak akan memberikan nilai tambah yang tinggi,” katanya melalui siaran pers yang diterima, Jumat (23/2)

Rencana dilaksanakannya forum dialog antar negara-negara kaya mineral khususnya komoditas bauksit melalui Bauxite Club, dinilai akan semakin membuka peluang usaha dan kerja sama di bidang infrastruktur pertambangan antar negara anggota.

Ketua Kelompok Kerja Pembiayaan, Infrastruktur dan Logistik Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Sony B Harsono mengungkapkan, dengan adanya Bauxite Club, maka peluang kerja sama dan pertukaran teknologi antar negara anggota akan semakin terbuka. Pembentukan Bauxite Club merupakan inisiatif dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan agar meningkatkan kerja sama pertambangan negara-negara di kawasan Asia Afrika.

”Sudah saatnya negara-negara kaya mineral Asia-Afrika bergabung, meningkatkan nilai tambah dalam negeri seperti yang telah dilaksanakan pemerintahan Presiden Jokowi-JK sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu untuk komoditas bauksit, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat rekomendasi ekspor sebesar 14,9 juta ton. Namun, realisasi sampai dengan 30 November 2017 baru sebesar 696.000 ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×